Dark
Light

Pengeluaran TI Indonesia Terbesar se-Asia Tenggara, Tetapi Pemanfaatannya Belum Maksimal

1 min read
July 11, 2012

Pengeluaran Indonesia untuk bidang Teknologi Informasi (TI) merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Tahun 2011, berada pada peringkat kedua adalah Singapura. Namun laporan International Data Corporation memperkirakan pengeluaran TI Singapura pada tahun 2012 ini akan kalah dengan Thailand.

Pengeluaran TI Indonesia sebesar 10,9 miliar Dollar Amerika Serikat pada tahun 2011. Pada tahun ini, angka tersebut diperkirakan naik 18,3 % menjadi 12,9 miliar Dollar AS. Angka tersebut berasal dari 11.5 miliar untuk membeli hardware, 759 juta untuk membeli layanan/jasa dan 522 juta untuk membeli software. Dengan jumlah tersebut, anggaran TI Indonesia berada pada peringkat ke-19 anggaran TI terbesar di seluruh dunia.

Angka pengeluaran TI Indonesia tersebut, sebenarnya masih bisa naik lagi dengan banyaknya pembajakan software di Indonesia. Menurut laporan lain oleh IDC yang ditulis Kompas Tekno, nilai kerugian akibat pembajakan software di Indonesia mencapai 1.46 miliar Dollar AS. Secara kasar, dapat ditarik kesimpulan jika seluruh software bajakan tersebut dibayar, nilai pengeluaran Indonesia untuk software hampir 4 kali lipat dari jumlah yang sekarang.

Sayangnya, berdasarkan laporan The Jakarta Post, manfaat dari besarnya dana yang dikeluarkan untuk teknologi tersebut tidak dirasakan secara merata di seluruh wilayah negara Indonesia. Perkembangan TI Indonesia masih berfokus di Jakarta dan wilayah sekitarnya. Tingkat penetrasi TI Indonesia terbilang rendah dibandingkan dengan negara lainnya.

Perkembangan teknologi di Indonesia juga disebut belum menyentuh bidang tradisional yang seharusnya dapat berkembang dengan TI seperti bidang pertanian. Menurut peneliti IDC, Sudev Bangah, hal ini disebabkan karena pemerintah Indonesia belum memprioritaskan perkembangan IT yang investasinya baru menghasilkan dalam jangka waktu yang lama. Pemerintah Indonesia, menurut Sundev, masih memprioritaskan bidang seperti pertambangan yang memberikan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Previous Story

AndroidNation Buka Pintu Bagi Para Penggemar Android di Jakarta

Next Story

EXCLUSIVE: KakaoTalk Sets to Expand to Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Niko Partners: Pertumbuhan Industri Game Indonesia di 2023 Melambat

Game menjadi salah satu industri yang justru tumbuh selama pandemi
Bekerja di OPPO

Seperti Ini Pengalaman Bekerja Sebagai Trainer di OPPO Indonesia

Deni Suwasta sudah bekerja selama delapan tahun di OPPO Indonesia,