24 October 2022

by Wiku Baskoro

Pengalaman Foto ala Streetphotography dengan Samsung Z Flip4 5G

Pengalaman seru dan unik memfoto objek dengan ponsel lipat Z Flip4 5G

Samsung cukup all out dengan produk smartphone lipat mereka, salah satu perangkat yang menjadi unggulan di kategori ponsel lipat mereka adalah Galaxy Z Flip4 5G. Ponsel ukuran mungil yang ternyata memendam kemampuan menarik, terutama dari sisi fotografi.

Samsung Galaxy Z Flip4 5G merupakan ponsel lipat dengan ukuran setengah ponsel standar ketika dilipat. Ketika dibuka ponsel ini menghadirkan layar 6.7 inci dengan resolusi FHD+. Kemampuan perangkat ini memang ada di kelas flagship, dengan dukungan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 yang powerfull.

Sejatinya, ponsel lipat Z Flip4 5G memang disasarkan atau ditujukan untuk mereka pengguna ponsel yang memiliki gaya hidup cukup aktif. Fitur flexcam dari perangkat ini ditujukan bagi mereka yang aktif mengambil foto atau video termasuk video pendek untuk dibagikan di media sosial.

Penggunaan untuk para creator content memang lebih disasarkan pada konten-konten gaya hidup. Apalagi pilihan warna perangkat yang dihadirkan juga selaras dengan warna-warna cerita khas anak muda.

Meski demikian, karena kelasnya adalah flagship, ponsel Z Flip4 5G ini juga bisa handal untuk kegiatan fotografi lain, misalnya untuk gambar estetis atau pengambilan foto ala steetphotography.

Untuk fitur pendukung fotografi sendiri, perangkat ini membawa spesifikasi kamera 12MP ultra wide camera dan 12MP wide angle camera serta 10MP untuk selfie camera. Dukungan aplikasi kamera bawaan samsung dengan tone warna yang cukup khas serta pemrosesan dengan prosesor kelas atas juga membantu dalam mengolah hasil foto yang diambil kamera ponsel.

Nah, saya berkesempatan untuk mencoba perangkat ini, berhubung memang lagi doyan mengambil foto dengan gaya street, maka saya mencoba untuk menggunakan ponsel ini untuk angle foto ini. Beberapa lokasi yang saya ambil gambarnya sebagian besar ketika di Bali, tetapi ada juga yang saya ambil di lokasi berbeda.

Pengalaman menggunakan Z Flip4 5G ini untuk kegiatan fotografi non lifestyle bagi saya cukup unik. Dari sisi kualitas, cukup bisa diandalkan, butuh editing sedikit saja untuk kemudian bisa mengungah foto dengan hasil yang saya inginkan ke media sosial. Proses editing juga tidak menggunakan aplikasi tambahan, hanya menggunakan editing bawaan ponsel. Jadi lebih praktis dan cukup mumpuni.

Dari sisi desain juga kesannya unik. Saya bisa mendapatkan pengalaman yang cukup menarik karena sebagian besar cara saya mengambil foto adalah dengan melihat ponsel hampir 45 derajat. Dengan kemampuan Z Flip4 juga memungkinkan mengambil sudut yang lebih menarik untuk dijadikan foto.

Salah satu fitur kamera yang sering saya gunakan ketika mengambil foto landscape di kamera ini adalah wide lens alias lensa lebar. Samsung menurut saya memiliki hasil kamera wide lens yang cukup baik (saya hampir selalu menggunakannya mulai dari ponsel Note10 Plus). Dalam kondisi terang dengan cahaya yang baik, hasi foto wide dari ponsel ini menghasilkan foto yang cukup memuaskan.

Berikut beberapa hasil foto dari Galaxy Z Flip4 5G dengan angle street atau artistik non lifestyle.

Human interest

Hitam putih artistik

Warna

Lainnya