Dark
Light

Pendekatan Baru Google Untuk China

1 min read
March 24, 2010

Setelah perdebatan panjang serta kesepakatan yang tak kunjung terjadi, akhirnya Google resmi untuk ‘keluar’ dari China.

Tapi sebenarnya Google tidak benar-benar hengkang dari China atau setidaknya belum, dari pengumuman resmi di blog mereka, Google memberitahukan bahwa mereka tetap mempertahankan R&D mereka di China dan untuk sales team juga masih dipertahankan tetapi tergantung dari kemampuan user di China daratan dalam mengakses situs Google.com.hk.

Jadi kini yang terjadi adalah Google mengalihkan akses dari Google.cn (China) ke Google.com.hk (Hong Kong), dimana tidak ada sensor untuk akses bagi user dari China, termasuk layanan Google seperti Google Search, Google News dan Google Images. Pemerintah China, seperti yang disebutkan Google tidak memberikan toleransi apapun atas self-censhorship yang mereka terapkan atas akses Google.cn dan tidak bisa dinegosiasikan.

Langkah ini sebenarnya merupakan solusi yang diterapkan Google agar user China tetap bisa mengakses Google tanpa ada sensor dan tetap legal. Google sendiri beralasan bahwa mereka tetap ingin memberikan akses bagi user China atas berbagai informasi tanpa ada sensor, serta alasan utama yang berhubungan tentang penyerangan user layanan Gmail dari serangan cyber canggih yang berasal dari China serta pembatasan atas kebebasan berbicara di berbagai situs seperti Facebook, Twitter, YouTube, Google Docs dan Blogger.

Serta satu alasan lain yang ada dalam pikiran saya, yaitu Google tidak mau kehilangan pangsa pasar di China, meski pangsa pasar di China kecil tapi diluar itu pertumbuhan pengguna internet serta perilaku social media di China tetap tinggi.

Selain itu Google juga memberikan peringatan bahwa meskipun telah di dialihkan tapi sewaktu-waktu pemerintah China bisa saja mem-block akses ke Google maka mereka meluncurkan web pages khusus, yang memberikan data tentang daftar layanan Google apa saja yang masih bisa diakses dari China, dan akan di update setiap hari.

Saya jadi penasaran sampai kapan user China bisa mengakses Google tanpa sensor. Bagimana dengan anda?

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

  1. kalau benar2 hengkang dari china saya rasa ga mungkin…
    prospek disana kan lumayan besar, mengingat jumlah penduduk di china…
    tapi dengan alternatif akses google tanpa sensor, saya rasa bisa masih eksis disana 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Opera Resmi Masukkan Opera Mini ke iPhone App Store

Next Story

Yang Pengen Kita Lihat Dari Koprol

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan