Dark
Light

Opera Resmi Masukkan Opera Mini ke iPhone App Store

1 min read
March 24, 2010

Opera tetap pada pendirian mereka bahwa user iPhone berhak mendapatkan pilihan lebih banyak untuk browser di iPhone, setelah mereka mengumumkan akan submit Opera Mini untuk iPhone, kini hal itu telah menjadi kenyataan.

Hari selasa kemarin, seperti yang ditulis oleh bits.blogs.nytimes, Opera secara resmi telah submit Opera Mini ke Apple App Store. Seperti yang kita tau, persetujuan akan aplikasi yang di submit ke Apple App Store murni sepenuhnya ada di tangan Apple, jadi pertanyaannya sekarang adalah, apakah Steve Jobs akan meluluskan ‘proposal’ Opera?

Spekulasi muncul, banyak yang meragukan Apple akan meloloskan browser Opera ini, tapi Opera tidak bergeming, dengan tabungan data menjadi browser mobile paling populer serta kelebihan utama mereka yaitu kecepatan, Opera kini telah resmi melamar satu ruang di Apple App Store.

Dari komentar para pembaca DailySocial di tulisan Yoga terdahulu, dan juga komentar yang saya baca di beberapa artikel dari blog teknologi, sepertinya memang Opera Mini untuk iPhone sangat layak untuk dicoba, jika disetujui oleh Apple. Selain beberapa kelebihan fitur seperti tabbed browsing serta pengalaman yang sama dengan browser dengan komputer, sepertinya masalah branding juga berpengaruh.

Opera Mini menjadi pusat perhatian dibandingkan dengan browser mereka untuk komputer, popularitasnya sangat jauh, menjadi browser yang paling populer untuk mobile device tentu bukan urusan mudah, artinya Opera bisa mengikuti trend penggunaan mobile device dengan terus mengembangkan Opera Mini dengan berbagai killer feature.

Apakah nantinya pengguna iPhone akan bisa mencoba Opera Mini di iPhone mereka? Dan bagaimana nanti pengguna iPhone di tingkat lokal akan juga menggunakan Opera Mini jika nanti bisa masuk Apple App Store?

Pengguna Opera Mini di Indonesia tidak sedikit, bahkan menjadi pengguna paling banyak kedua di dunia, tapi mereka biasanya menggunakan ponsel menengah sampai smartphones, namun user iPhone terkadang memiliki  behavioural yang berbeda dari pengguna ponsel jenis lain. Kemungkinan apapun masih bisa terjadi, di satu sisi kemungkinan Opera Mini tidak akan disukai para fans Apple, tapi di sisi lain berbagai fitur dan kelebihan Opera Mini telah cukup teruji untuk mobile device.

Semoga saja keputusan Apple akan segera diumumkan sehingga kita bisa melihat, sebuah perkembangan menarik ini, bagaimana respon user pengguna iPhone  atas perkembangan ini.

Bagaimana para DS-wan DS-waty yang menjadi fans Apple menyikapi ini? Juga bagi mereka para fans Opera Mini, mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

  1. hahaha… keren bener nih Opera. Gw yakin sih nggak dilulusin, alasannya ya lumayan jelas. Salah satu syarat iPhone App yang disubmit adalah memiliki fungsi yang belum ada secara default di iPhone. Padahal, secara default di iPhone udah ada Safari.

    Mirip sama masalah shipping IE yang dibundle di WinXP. User harus punya pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Foursquare : Calon Fenomena Baru di Indonesia?

Next Story

Pendekatan Baru Google Untuk China

Latest from Blog

Don't Miss

iPhone 14

Dinamika Perjalanan iPhone 14 dari Produsen Hingga ke Tangan Konsumen

Terlihat bahwasanya banyak alat komunikasi di dunia, termasuk smartphone yang

Whatsapp Bakal Bisa Kirim Gambar Tanpa Kompresi?

Siapa yang saat ini masih menggunakan Whatsapp untuk mengirim gambar?