1 August 2022

by Glenn Kaonang

Pemerintah Kota Miami Luncurkan NFT, Akan Jadi Tren Baru ke Depannya?

Bekerja sama dengan TIME, Mastercard, dan Salesforce, pemerintah kota Miami meluncurkan proyek NFT yang bertujuan untuk memajukan usaha lokal serta mendukung para seniman lokal

Di tengah meroketnya popularitas tren NFT, kita tidak perlu heran melihat ada banyak perusahaan yang meluncurkan inisiatif NFT-nya masing-masing. Namun siapa yang menyangka kalau tren NFT rupanya juga bisa menarik perhatian pemerintah suatu kota? Adalah Miami, kota di negara bagian Florida, Amerika Serikat, yang baru-baru ini mengumumkan inisiatif NFT.

Lewat siaran pers, pemerintah kota Miami mengumumkan bahwa mereka bakal meluncurkan inisiatif NFT hasil kerja samanya dengan TIME, Mastercard, dan Salesforce. Nantinya, inisiatif ini akan menghasilkan 5.000 aset NFT yang dibuat oleh 56 seniman lokal di kota Miami. Angka 56 itu dipilih untuk mewakili luas kota Miami yang sebesar 56 mil persegi.

Kepada para pemegang NFT, pemerintah kota Miami menjanjikan keuntungan dalam bentuk akses ke program Priceless Miami. Program yang digagaskan oleh Mastercard ini bakal menghadirkan sejumlah pengalaman unik, mulai dari event eksklusif di sejumlah restoran, sampai tur privat ke berbagai lokasi di kota Miami.

Menurut walikota Miami, Francis X. Suarez, inisiatif NFT ini dibuat dengan tujuan untuk mendukung usaha-usaha lokal sekaligus mendatangkan lebih banyak investor ke kota Miami. Inisiatif NFT ini tentunya juga akan semakin melengkapi program kota Miami terkait revolusi Web3, yang dimulai ketika pemerintah kotanya meluncurkan MiamiCoin pada Agustus tahun lalu.

Terkait strategi dan perencanaan inisiatif NFT-nya, pemerintah kota Miami sepenuhnya mempercayakannya kepada TIME. Media asal AS yang dikenal akan majalah mingguannya itu memang merupakan salah satu advokat Web3 terbesar di industri media. Sejak tahun lalu, TIME telah meluncurkan beberapa inisiatif NFT-nya sendiri, dan bahkan menerbitkan majalahnya sebagai NFT.

Rencananya, proyek NFT kota Miami ini akan diluncurkan pada bulan Desember 2022 di blockchain Ethereum. Namun jadwal tersebut masih tentatif, sebab pemerintah kota Miami ingin menunggu sampai Ethereum berhasil bertransisi ke mekanisme konsensus yang lebih ramah lingkungan terlebih dulu.

Proses minting dan penjualan NFT kota Miami ini akan ditangani oleh Salesforce, yang belum lama ini meluncurkan platform khusus enterprise bernama NFT Cloud. Andai berhasil, tidak menutup kemungkinan proyek NFT kota Miami ini bisa menginspirasi pemerintah kota-kota lain.

Dari segi tujuan, inisiatifnya terbilang bagus karena ingin memajukan usaha lokal sekaligus mendukung para seniman lokal. Di saat yang sama, keputusan untuk menunggu sampai Ethereum berhasil mengeksekusi rencananya semestinya juga akan meminimalkan keluhan bahwa proyek ini punya dampak buruk terhadap lingkungan.

Sumber: Blockworks. Gambar header: Avi Verde via Unsplash.