29 December 2022

by Galih

Pemerintah India Akhirnya Resmi Akui Esports dan Game Online

Pemerintah India berjanji tidak akan batasi game online

India memang menjadi salah satu kutub baru bagi industri video game di Asia. Dengan jumlah populasi yang besar, industri game di India berkembang cukup pesat, termasuk untuk game P2E dan juga esports.

Keberadaan komunitas gaming yang terus tumbuh tersebut akhirnya membuat pemerintah India sadar bahwa mereka juga harus mendukung perkembangannya secara langsung.

Maka dari itu, pemerintah India pun mengeluarkan amandemen baru untuk game online dan esports. Aturan baru ini mengatur bahwa game online dan esports nantinya berada di bawah naungan kementerian.

Semua urusan yang berkaitan dengan game online nantinya akan ditangani oleh Kementerian Teknologi Informasi dan Elektronik, sedangkan urusan esports nantinya akan ditangani oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Hal ini pun disambut gembira oleh para gamer dan juga para pelaku industri game di India. Karena sebelumnya pemerintah India memang cukup ketat membatasi berbagai hal mengenai video game dan skena esports di sana.

Dengan berlakunya peraturan baru ini, pemerintah India mendorong para pelaku industri video game untuk memanfaatkan kesempatan memajukan industri game lokal.

Namun di sisi lain, pemerintah India juga akan menjaga langsung bahwa ke depannya tidak akan ada konten atau layanan ilegal dalam video game yang dipasarkan.

Dikutip dari GamingonPhone, Menteri Teknologi Informasi dan Elektronik India, Rajeev Chandrasekhar, bahkan memastikan bahwa nantinya tidak akan ada pembatasan waktu main game online.

Image Credit: Unsplash

Hal tersebut dijelaskan demi menghapus ketakutan para gamer di India selama ini. Karena sebelumnya ada kekhawatiran bahwa  pemerintah India akan memberlakukan aturan ketat seperti yang terjadi di Tiongkok.

Rajeev menyebutkan bahwa pemerintah India tidak memiliki rencana untuk membatasi game online di sana. Namun mereka meminta para pelaku industri video game untuk mengikuti aturan Teknologi Informasi yang ada di sana.

Ke depannya, Kementerian Teknologi Informasi dan Elektronik India (MeitY) akan menjadi otoritas pengatur pusat untuk pasar video game di India. Hal tersebut untuk memberikan kejelasan dan kepastian bagi investor, industri, dan juga konsumen.

India sendiri kini tengah mendorong pertumbuhan di sektor animasi, efek visual, game, dan juga komik (AVGC), dengan visi utama untuk menjadikan industri game India sebagai hub global bagi game online di masa depan.