6 December 2022

by Galih

Pembalap Indonesia Curi Perhatian di Turnamen Gran Turismo

Pembalap sim racing ini tidak hanya mewakili Indonesia, namun juga Asia Tenggara

Turnamen game balap Toyota Gazoo Racing GT Cup World Finals belum lama ini dilaksanakan. Dalam event yang diadakan di Monako tersebut, salah satu pembalap sim racing asal Indonesia berhasil mencuri perhatian banyak penonton.

Pembalap tersebut adalah Andika Rama Maulana yang tergabung dalam tim esports Legion of Racers, yang merupakan salah satu perwakilan pembalap asal Asia Tenggara yang berhasil masuk ke dalam putaran final dari babak kualifikasi TGR regional activities.

Dalam balapan pertamanya, Andika sukses bersaing ketat dengan para pembalap profesional Gran Turismo 7 lainnya seperti Takuma Miyazono dari Jepang dan juga Igor Fraga dari Brazil.

Performa yang bagus dalam babak awal kualifikasi tersebut berhasil membawa Andika untuk masuk ke dalam semifinal. Di babak ini, Andika bahkan berhasil menghindari kecelakaan beruntun yang terjadi. Membuat dirinya sukses meraih podium runner-up.

Karena hasil sebelumnya, Andika pun berhak memulai balapan di babak final dari posisi grid keempat. Andika juga menjadi satu-satunya pembalap asal Asia Tenggara yang berhasil masuk ke dalam putaran akhir ini.

Di babak Grand Final ini, 12 pembalap akan bersiap untuk melesat di Fuji International Speedway sebanyak 30 lap. Mobil yang digunakan adalah Toyota GR010 HYBRID yang merupakan mobil konsep terbaru milik Toyota.

Namun sayangnya, Andika tidak mampu memanfaatkan garis start di depan tersebut karena adanya masalah teknis. Tanpa diketahui penyebabnya, game yang dimainkan Andika mendadak error dan tidak dapat dimainkan.

Karena tidak dapat melanjutkan balapan, Andika pun secara terpaksa harus mundur dari babak final kualifikasi tersebut. Sayangnya, kegagalan tersebut juga menghentikan langkah Andika untuk dapat lebih jauh di turnamen tersebut.

Image Credit: Legion of Racers

"Saya tetap tidak senang tentang keputusan tersebut, namun ini adalah balapan. Terkadang bagus, dan terkadang lebih dari buruk, tapi bagaimanapun, saya mendapatkan pengalaman yang baik." ungkap Andika kepada Legion of Racers.

Andika juga menjelaskan bahwa dirinya juga telah mendapat motivasi baru. Sehingga mungkin tahun depan dirinya dapat melangkah lebih jauh di dalam turnamen GT World Series selanjutnya.

Pada akhirnya, babak Grand Final dari turnamen tersebut berhasil dimenangkan oleh Igor Fraga dari Brazil. Igor sendiri sangat mendominasi selama babak final ini hingga berhasil naik menjadi juara utama.

Toyota Gazoo Racing GT Cup World Finals sendiri merupakan bagian dari turnamen akbar Gran Turismo World Series’ 2022. Menariknya turnamen tahun ini juga bertepatan dengan perayaan ulang tahun 25 tahun dari seri Gran Turismo.