OPPO Reno8 Muncul di Situs Sertifikasi Postel, Siap Rilis Segera?

Kedatangan OPPO Reno8 di Indonesia semakin dekat, terbukti dari munculnya sertifikat perangkat di situs Sertifikasi Postel sekaligus P3DN Kemenperin

Dari sekian banyak smartphone dalam portofolio OPPO, seri Reno merupakan salah satu lini yang paling populer, terutama berkat kapabilitas kamera beserta desainnya yang selalu terkesan modern dan kekinian. Di Indonesia, OPPO telah meluncurkan perangkat seri Reno7 sejak Maret 2022 lalu, dan kini sudah banyak rumor yang beredar mengenai suksesornya, OPPO Reno8.

Rumor mengenai kedatangan OPPO Reno8 di Indonesia semakin kuat berkat informasi pendukung yang muncul di situs Sertifikasi Postel milik Kementerian Komunikasi dan Informatika baru-baru ini. Pada sertifikat bernomor 82525/R/SDPPI/2022 yang telah terdaftar di situs Sertifikasi Postel dan berlaku hingga Juni 2025 mendatang, tampak jelas ada nama OPPO Reno8 yang tercantum pada bagian brand.

Selain itu, jika ditelusuri lebih lanjut menggunakan model perangkat OPPO Reno8, yaitu CPH2359, kita bisa menemukan sertifikat TKDN yang telah terdaftar pada situs P3DN Kemenperin. Di sana, tercatat bahwa perangkat Reno8 telah resmi memiliki sertifikat TKDN sejak 3 Juni 2022, dan juga telah diuji tingkat kandungan dalam negerinya dengan nilai sebesar 35,10%.

OPPO Reno8 di situs Sertifikasi Postel dan P3DN Kemenperin / Sertifikasi Postel

Dirilisnya sertifikat dari dua otoritas pemerintah itu menandakan bahwa OPPO sudah mendapatkan restu untuk menjual Reno8 di Indonesia dalam waktu dekat. Sayang masih ada satu pertanyaan yang belum terjawab, yakni model apa saja dari seri Reno8 yang akan dibawa ke Indonesia. Sebagai informasi, seri Reno7 sebelumnya hadir di Indonesia dalam tiga model yang berbeda, yakni Reno7, Reno7 Z 5G, dan Reno7 5G.

Di situs Sertifikasi Postel, kita memang bisa menjumpai lebih dari satu model perangkat baru OPPO, namun sayang nama spesifik perangkatnya tidak dicantumkan. Kalau mengacu pada pasar Tiongkok, di sana seri Reno8 dijual dalam tiga model yang berbeda, yaitu Reno8, Reno8 Pro, dan Reno8 Pro+.

Satu hal yang pasti, OPPO Reno8 bakal membawa banyak perubahan yang signifikan. Dari gambar yang beredar, tampak bahwa Reno8 memiliki tampilan yang sangat berbeda, dengan desain lekukan dinamis pada bingkai kamera yang mirip seperti milik seri Find X. Dari sisi teknologi, Reno8 dikabarkan juga akan mewarisi NPU MariSilicon X seperti yang terdapat pada ponsel paling flagship OPPO saat ini, Find X5 Pro.

Sepertinya kita hanya tinggal menunggu waktu sebelum semuanya diungkap secara resmi oleh OPPO Indonesia.