4 August 2022

by Lukman Azis

OPPO Indonesia Ungkap Perangkat Seri Reno8, Desain, Dan Fitur Unggulan Kameranya

OPPO Reno8 Series mengemas desain modul kamera dengan kaca tunggal, unggulkan fitur Night Portrait, Ultra Night Video,dan Ultra HDR Video.

Pada bulan Agustus 2022 ini, OPPO berencana memboyong smartphone Reno8 Series ke Indonesia. OPPO pun sudah memulai rangkaian acara perkenalannya, berbagai keunggulan Reno8 Series mulai dibeberkan kepada publik melalui media.

Sebelumnya OPPO telah mengungkap bahwa model tertinggi Reno8 Series yang akan mengemas chip MariSilicon X adalah Reno8 Pro 5G. Kini OPPO memberikan penjelasan mengenai desain perangkat Reno8 dan sekaligus menyingkap kehadiran Reno8 5G yang membawa bahasa desain serupa dengan versi Pro-nya.

Tengok ke belakang, Reno8 5G dan Reno8 Pro 5G mengemas desain modul kamera dengan kaca tunggal. Desain seperti ini pertama kali diterapkan pada perangkat Find X3 Pro, kemudian menjadi populer di kalangan vendor smartphone dan digunakan di berbagai perangkat.

Sebagai pionir dalam penggunaan desain ini, OPPO terus mengembangkannya pada perangkat Find X5 Pro dan kini hadir juga pada perangkat Reno8 Series. Desain ini telah disempurnakan lebih dari 100 kali dan memerlukan waktu lebih dari 400 hari untuk penelitian dan pengembangannya.

OPPO membuat kaca belakang perangkat Reno8 dengan material kaca Gorilla Glass yang ditempa dengan suhu dan tekanan tinggi. Proses pemanasan kaca ini dilakukan hingga suhu 800 derajat C, sebuah temperatur yang jauh melebihi standar proses penempaan kaca.

Lantas, kaca Gorilla Glass dimasukkan ke dalam cetakan dan diberikan tekanan hingga 120 kg. Untuk memastikan hasil pencetakan kaca terasa halus dan terhindar dari permukaan tidak rata, maka cetakan akan melalui proses pemolesan tiga langkah terlebih dahulu sebelum penempaan kaca dimulai.

Selanjutnya, delapan langkah pemolesan skala nanometer dilakukan langsung pada kaca, yang memastikan tingkat kehalusan pada tingkatan nanometer. Bagian depan maupun belakang kaca perangkat Reno8 akan dipoles secara menyeluruh dengan tingkat presisi tinggi hingga penutup belakang kaca tampak dan terasa sangat halus.

 

Sekarang mari bahas kamera, lini seri Reno memang selalu membawa keunikan sendiri sebagai positioning statement perangkat dengan keunggulan di sektor kamera. Begitu pula dengan Reno8 yang menyematkan dua buah lingkaran modul kamera yang sangat besar pada bagian belakang.

Modul kamera ini terinspirasi dari bentuk kamera film vintage, yang juga menjadi penghargaan OPPO terhadap seni cahaya dan bayangan. Desain kamera ini memberikan sebuah pernyataan kuat mengenai fitur kamera pada Reno8.

Baik Reno8 5G dan Reno8 Pro 5G akan mengusung fitur kamera yang kurang lebih sama, mengedepankan fitur portrait malam hari (Night Portrait) dan pengambilan video yang lebih jernih di kondisi minim cahaya. Bedanya Reno8 Pro 5G memiliki kemampuan lebih superior berkat NPU MariSilicon X, terutama pada fitur Ultra Night Video dan Ultra HDR Video yang sudah mendukung format 4K.

Selain itu, beberapa spesifikasinya juga diungkap publik. Reno8 5G akan mengusung layar 6,4 inci, dengan opsi warna shimmer gold dan shimmer black. Dimensi bodinya 160 x 73.4 x 7.67 mm dan punya bobot 179 gram. Sementara, Reno8 Pro 5G dibekali layar lebih besar mencapai 6,7 inci dalam opsi warna glazed green dan glazed black. Dimensinya 161.2 x 74.2 x 7.34 mm dan berbobot 183 gram.

OPPO rencananya akan mengungkap kembali keluarga dari Reno8 Series pada 11 Agustus 2022, menyusul kemudian peluncuran secara resmi di Indonesia. Reno8 Series akan menjadi senjata OPPO Indonesia mulai kuartal ketiga mendatang.