21 July 2022

by Glenn Kaonang

NFT Solana Makin Populer, OpenSea Resmi Hadirkan Launchpad Solana

Tiga bulan setelah menghadirkan integrasi Solana, OpenSea kini sudah sepenuhnya mendukung ekosistem NFT di blockchain Solana

Pasar NFT sejauh ini masih didominasi oleh blockchainEthereum, dan titel marketplace NFT nomor satu untuk Ethereum juga masih dipegang oleh OpenSea. Di luar Ethereum, ada blockchainSolana yang semakin hari semakin dipercaya oleh komunitas NFT. Pertumbuhan ekosistem NFT Solana berlangsung begitu cepat, sampai akhirnya OpenSea pun tidak mau melewatkan momentumnya.

Lewat sebuah posting blog, OpenSea baru-baru ini mengumumkan kehadiran launchpad Solana pada platformnya. OpenSea memang sudah mendukung NFT di blockchain Solana sejak bulan April lalu, akan tetapi peluncuran launchpad ini secara langsung menandai ketertarikan OpenSea untuk sepenuhnya mendukung Solana sebagai alternatif terhadap Ethereum.

Lewat launchpad Solana ini, OpenSea pada dasarnya ingin memberikan fasilitas yang komprehensif kepada para kreator NFT di ekosistem Solana. Dijelaskan bahwa mulai sekarang kreator dapat melangsungkan aktivitas minting dari awal sampai akhir di OpenSea. Ini berarti mulai sesi pre-mint sampai post-mint dan secondary sale, semuanya dapat kreator jalani tanpa sekali pun meninggalkan OpenSea. Bukan cuma itu, keberadaan launchpad ini juga memungkinkan kreator untuk menerapkan sesi allowlist minting.

Selain kreator, kalangan kolektor pun juga bakal diuntungkan oleh kehadiran launchpad Solana di OpenSea. Pasalnya, koleksi NFT Solana yang dimiliki kini akan muncul di OpenSea secara otomatis. Tak hanya itu, OpenSea turut memastikan bahwa semua NFT yang dipajang di lapak secondary sale akan tetap tersimpan di wallet masing-masing kolektor, tidak seperti di sejumlah marketplace NFT Solana lain yang juga merangkap sebagai kustodian. Urusan pembayaran, kolektor juga bakal dimudahkan berkat integrasi fitur pembayaran menggunakan fiat milik MoonPay.

Meluncurkan launchpad Solana merupakan bagian dari komitmen OpenSea untuk menempuh jalur multi-chain, serta memberikan akses ke segudang NFT dari banyak blockchain sekaligus. Di saat yang sama, inisiatif ini juga bisa dilihat sebagai jawaban OpenSea terhadap popularitas Magic Eden yang terus mencuat belakangan ini. Buat yang kurang familier, Magic Eden adalah salah satu marketplace NFT Solana terbesar, dan yang kerap dianggap sebagai "OpenSea-nya blockchain Solana".