6 July 2022

by Glenn Kaonang

10 Game NFT Solana yang Paling Menarik untuk Dimainkan

Rekomendasi game NFT Solana bagi yang ingin merasakan pengalaman bermain game play-to-earn

Game NFT semakin digandrungi seiring bertambah populernya tren NFT dalam setahun terakhir. Salah satu alasan yang membuat game NFT banyak diminati biasanya berkaitan dengan mekanisme play-to-earn (P2E) yang diusung, yang pada dasarnya memungkinkan pemain untuk mendapatkan imbalan aset crypto dari hasil memainkan game-nya.

Bicara soal NFT, tentu saja blockchain Ethereum tidak bisa luput dari pembahasan. Namun Ethereum bukan satu-satunya blockchain yang banyak digunakan oleh pengembang game NFT. Belakangan, ekosistem game NFT dan game play-to-earn juga terpantau berkembang pesat di blockchainSolana.

Pertumbuhan ekosistem game NFT di Solana ini turut didukung oleh kehadiran platform seperti Fractal, yang secara khusus memfasilitasi perdagangan aset dalam game-game NFT. Magic Eden, marketplace NFT paling top untuk blockchain Solana, juga punya divisi khusus yang bertugas membantu kalangan developer meluncurkan game-game NFT bikinannya.

Singkat cerita, Solana ibarat gudangnya game NFT. Di artikel ini, saya telah merangkum 10 game NFT Solana yang paling menarik untuk dimainkan. Penasaran? Berikut daftarnya.

1. Aurory

Diluncurkan pada bulan Desember 2021, Aurory merupakan salah satu game NFT Solana terbaik yang bisa dimainkan saat ini. Aurory merupakan JRPG dengan sistem pertarungan turn-based yang banyak mengambil inspirasi dari seri game Pokémon. Seperti Pokémon, Aurory juga punya sederet makhluk imut bernama Nefty yang dapat dipertarungkan.

Berhubung ini merupakan game NFT, tentu saja setiap Nefty merupakan aset NFT yang dapat diperjual-belikan. Aset NFT lain yang juga bisa diperdagangkan di Aurory adalah Aurorian, yakni karakter yang pemain jalankan untuk mengeksplorasi dunia dalam Aurory. Menariknya, Aurory juga menerapkan mekanisme free-to-play (F2P) yang berarti pemain bisa mencoba game-nya terlebih dulu sebelum membeli NFT-nya (yang merupakan syarat utama untuk mengaktifkan mekanisme P2E-nya).

2. DeFi Land

DeFi Land adalah game simulasi pertanian dan peternakan layaknya seri game legendaris Harvest Moon. Pemain dapat menjalani beragam aktivitas dalam DeFi Land, mulai dari bertani, memancing, berburu, dan masih banyak lagi. Untuk bisa mengerjakan kegiatan-kegiatan tersebut secara efisien, pemain tentu membutuhkan alat bantu atau tool, dan alat-alat bantu inilah yang menjadi aset NFT yang dapat diperdagangkan di DeFi Land.

DeFi Land merupakan game F2P. Namun belum lama ini, pengembangnya telah resmi meluncurkan mekanisme P2E yang memungkinkan pemain DeFi Land untuk mendapatkan upah dari bermacam kegiatan yang dijalaninya. Upah dalam wujud token crypto tersebut dapat dipakai untuk meng-upgrade alat-alat bantu NFT tadi, meningkatkan efisiensinya dalam permainan.

3. Stepn

Secara teknis, Stepn merupakan sebuah aplikasi lifestyle dengan elemen gamifikasi berbasis NFT. Stepn menawarkan premis yang sangat unik, yang mereka sebut dengan istilah move-to-earn. Cara kerjanya simpel: semakin aktif Anda berjalan, jogging maupun berlari, semakin besar pula imbalan token crypto yang bakal Anda dapatkan dari Stepn. Badan sehat, kantong pun menebal, kira-kira begitulah pitch yang diberikan pengembang Stepn.

Namun agar bisa mendapatkan upah di Stepn, pemain harus lebih dulu menyiapkan modal awal dan membeli sepatu NFT. Syarat ini mungkin bisa membuat sebagian orang enggan untuk mencoba, namun pengembang Stepn sudah punya rencana untuk menghadirkan sistem rental ke depannya, sehingga pemain bisa meminjam sepatu NFT dari pemain lain secara cuma-cuma, lalu membagi hasil yang didapat di antara mereka.

4. Genopets

Seperti Stepn, Genopets juga menerapkan mekanisme move-to-earn, hanya saja dikemas dalam wujud game RPG dengan cakupan yang lebih luas. Genopet sendiri merujuk pada hewan spiritual yang mewakili masing-masing pemain. Setiap Genopet dapat berevolusi, dan progres evolusinya ini banyak ditentukan oleh seberapa aktif masing-masing pemiliknya di dunia nyata. Genopet pun juga bisa dipertandingkan untuk mendapatkan upah ekstra.

Genopets turut mendukung fitur crafting berbagai macam barang yang memiliki dampak langsung terhadap gameplay, dan pemain dapat menemukan resep-resep crafting-nya selagi mengeksplorasi Esoterra, nama dunia dalam Genopets. Tentu saja, barang-barang hasil racikannya pun juga dapat diperjual-belikan sebagai aset NFT.

5. Star Atlas

Star Atlas merupakan sebuah proyek metaverse ambisius dengan tema sci-fi yang amat kental. Pengembangnya mendeskripsikan Star Atlas sebagai game strategi ekspansif yang memadukan berbagai aspek mulai dari eksplorasi luar angkasa sampai konflik politik dan teritorial. Secara umum, Star Atlas bisa dianggap sebagai versi blockchain dari game simulasi luar angkasa populer Star Citizen.

Seperti Star Citizen, fitur gameplay di Star Atlas juga dirilis sebagai modul-modul terpisah. Modul yang tersedia saat ini barulah modul mini-game dengan mekanisme permainan berbasis staking aset-aset NFT. Yang jauh lebih menarik adalah modul utama Star Atlas, yang kabarnya tengah digarap menggunakan Unreal Engine 5.

6. Monkey League

Monkey League adalah game sepak bola dengan sistem turn-based yang cukup unik. Dalam setiap tim yang dijalankan oleh pemain, ada empat karakter monyet yang semuanya merupakan aset NFT dengan kombinasi atribut yang berbeda-beda, serta yang perannya di lapangan (Scorer, Midfielder, Defender, Goalkeeper) dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Monkey League menawarkan tiga mode permainan: Player vs Environment, Player vs Player, dan Team vs Team. Setiap pertandingan dalam game ini berlangsung cepat, sehingga dapat dimainkan di sela-sela kesibukan lain.

7. Panzerdogs

Panzerdogs merupakan sebuah game tank brawler dengan mekanisme P2E dan gameplay yang terkesan simpel namun cukup menguji ketangkasan. Kalau Anda familier dengan game seperti Brawl Stars, maka Anda tidak akan butuh waktu lama untuk memahami gameplay Panzerdogs. Bedanya, tentu saja, Anda punya kesempatan untuk memperoleh token crypto di Panzerdogs.

Ada dua jenis NFT di Panzerdogs: avatar bergambar anjing dan tank yang terbentuk dari tiga bagian. Satu hal yang menarik dari Panzerdogs adalah, pemain tidak diwajibkan membeli NFT-nya terlebih dulu untuk bisa berpartisipasi dalam sistem P2E-nya, meski tentu saja masih ada banyak manfaat lain yang dapat dinikmati oleh para pemilik NFT Panzerdogs.

8. SolChicks

Anak ayam dalam petualangan bertema fantasi ala game RPG, itulah SolChicks. Setiap karakter anak ayam di SolChicks merupakan sebuah aset NFT, demikian pula senjata dan equipment lain yang dipakainya. Pemain juga dapat membiakkan NFT SolChick dengan sejumlah biaya, dan biayanya akan semakin mahal seiring bertambahnya garis keturunan.

Seperti semua game RPG, ada banyak quest yang menunggu para pemain di SolChicks, dan mereka juga dapat berpartisipasi dalam raid mode demi memenangkan resource berharga. Namun PVE bukan satu-satunya daya tarik SolChicks, sebab pemain juga bisa saling mengadu ketangkasannya di mode PVP, dengan sistem combat penuh aksi ala game-game action RPG.

9. Nekoverse

Nekoverse dideskripsikan sebagai MMORPG dengan bumbu mekanisme P2E. Karakter NFT dalam game ini dinamai Neko, dan masing-masing memiliki satu dari sembilan elemen berikut: Fire, Nature, Earth, Water, Spirit, Ice, Lightning, Light, dan Dark. Alternatifnya, pemain juga bisa menciptakan Neko berelemen ganda dengan memadukan dua Neko yang berbeda.

Namanya MMORPG, pemain tentu bisa memilih class yang spesifik macam Blacksmith, Alchemist, Merchant, maupun Hunter untuk masing-masing karakternya. Kombinasi elemen dan class yang tepat merupakan aspek penting dalam Nekoverse, terutama jika sedang berpartisipasi dalam boss raid maupun mode PVP 3v3.

10. Angrymals

Angrymals adalah game konyol dengan gameplay yang terkesan seperti perpaduan Angry Birds dan Worms. Dalam setiap pertandingan, pemain akan mengontrol tiga karakter dengan beragam persenjataan yang absurd untuk menghancurkan benteng lawan dan menumpas karakter-karakternya.

Angrymals saat ini sudah bisa dimainkan di perangkat Android maupun iOS tanpa harus membeli apa-apa. Kendati demikian, Angrymals juga menawarkan avatar NFT yang bisa dipakai untuk mengaktifkan mekanisme P2E dalam game. Satu hal yang pasti, NFT tidak akan punya pengaruh sama sekali terhadap performa pemain di setiap pertandingan.

Itu tadi 10 game NFT Solana yang menarik untuk dimainkan. Bagi yang penasaran bagaimana pengalaman memainkan game NFT dengan mekanisme play-to-earn, judul-judul di atas bisa menjadi pertimbangan. Kabar baiknya, sebagian besar juga merupakan game free-to-play, yang berarti Anda bisa mencobanya terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membeli NFT dan mulai menikmati hasilnya.

Gambar header: CoinDesk.