OpenAI Akan Menggunakan Arsip Berita Associated Press Untuk Melatih Modelnya

Sebagai gantinya, OpenAI akan memberikan Associated Press akses ke 'keahlian teknologi dan produknya'

OpenAI dan The Associated Press telah membuat kesepakatan untuk melisensikan arsip berita Associated Press. OpenAI akan memiliki akses ke arsip berita Associated Press sejak tahun 1985 dan dapat melatih model AI-nya selama dua tahun ke depan.

Sebagai bagian dari perjanjian, Associated Press akan mendapatkan akses ke “keahlian teknologi dan produk” OpenAI. Kesepakatan ini tentunya sangat berharga bagi perusahaan seperti OpenAI karena menyediakan banyak materi yang dapat digunakan untuk tujuan pelatihan.

OpenAI dan perusahaan teknologi lainnya telah menggunakan miliaran kalimat yang diambil dari internet terbuka untuk membangun sistem AI mereka yang dikenal sebagai large language model (LLM).

Berita, artikel, konten media sosial, buku, dan banyak lagi di internet, telah menjadi materi dataset tanpa izin dari pemiliknya. Perusahaan teknologi pada umumnya berargumen bahwa mereka bebas menggunakan data publik.

Kehadiran ChatGPT tahun lalu, memang telah memicu ledakan alat AI generatif yang dapat membuat bagian teks, gambar, dan konten dalam format lainnya. Keunikan ChatGPT adalah karena ia dapat memahami pertanyaan dan memberikan jawaban dalam bahasa yang alami.

Meski jawaban dari ChatGPT sering kali terkesan meyakinkan, kita sebagai pengguna masih perlu memastikan benar atau tidaknya informasi yang diberikan. Belakangan ini juga banyak pihak yang khawatir tentang kecenderungan alat AI generatif menyebarkan kebohongan yang sulit diketahui karena penguasaan sistem yang kuat terhadap tata bahasa bahasa manusia.

Associated Press bergabung dengan daftar mitra OpenAI yang terus bertambah. Beberapa hari lalu, OpenAI juga mengumumkan kontrak enam tahun dengan Shutterstock untuk melatih model text-to-image DALL-E menggunakan perpustakaan gambar, video, musik, dan metadata Shutterstock yang sangat luas.

Associated Press saat ini tidak menggunakan alat AI generatif apa pun dalam beritanya, tetapi telah lama menjelajahi fitur AI lainnya. Termasuk mengotomatiskan laporan pendapatan perusahaan, merangkum beberapa acara olahraga, menjalankan program yang membantu organisasi berita lokal memasukkan AI ke dalam operasi mereka, dan baru-baru ini meluncurkan pencarian arsip gambar bertenaga AI.

Sumber: TheVerge dan APnews |Photo by Andrew Neel on Unsplash