Esports Ecosystem

Terkuat Asia Tenggara! ONIC Esports Juara MLBB Southeast Asia Cup 2019

26 Jun 2019 | Ayyub Mustofa
Perjalanan ONIC terbilang mulus, dan mereka menjadi juara setelah menumbangkan Louvre dalam All-Indonesian Final.

Anda yang merupakan penggemar esports Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) tentu tahu bahwa beberapa waktu lalu, ada dua tim asal Indonesia yang sedang berjuang Filipina dalam kejuaran Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup (MSC) 2019. Benar, mereka adalah ONIC Esports dan Louvre. Kedua tim ini menjadi perwakilan Indonesia setelah membuktikan diri sebagai juara 1 dan 2 nasional dalam Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL-ID) Season 3, bulan Mei lalu.

MSC 2019 diikuti oleh 12 tim terbaik dari 9 negara Asia Tenggara: Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Kamboja, Laos, Thailand, Myanmar, dan Vietnam. Sesuai yang telah diberitakan sebelumnya, mereka terdiri dari:

  • ArkAngel (Juara 1 MPL-PH Season 3)
  • Bren Esports (Juara 2 MPL-PH Season 3)
  • ONIC Esports (Juara 1 MPL-ID Season 3)
  • Louvre Esports (Juara 2 MPL-ID Season 3)
  • Geek Fam (Juara 1 MPL-MY/SG Season 3)
  • EVOS Esports (Juara 2 MPL-MY/SG Season 3)
  • Team Resolution (Juara 1 MPL-MM Season 2)
  • Burmese Ghouls (Juara 2 MPL-MM Season 2)
  • Team IDNS (dari kualifikasi Thailand)
  • Overclockers (dari kualifikasi Vietnam)
  • Diversity Helheim (dari kualifikasi Kamboja)
  • WAWA Gaming (dari kualifikasi Laos)

Sepak terjang ONIC dan Louvre di MSC 2019 menunjukkan pada dunia bahwa kehebatan Indonesia di dunia esports MLBB tidak perlu diragukan lagi. Buktinya, ternyata kedua perwakilan kita sama-sama berhasil masuk ke babak Grand Final! Di pertarungan puncak tersebut, ONIC akhirnya memastikan kemenangan atas Louvre dengan skor 3-0. Kini ONIC resmi menjadi tim esports MLBB terkuat seantero Asia Tenggara.

ONIC Esports - MSC 2019 Champion
Sumber: Moonton

Tak hanya meraih gelar tingkat regional, ONIC juga berhasil mengukir sejarah. Chandra Wijaya, General Manager ONIC Esports memaparkan dalam siaran pers, “Kemenangan yang diraih ONIC Esports di MSC 2019 menjadi momentum bersejarah bagi perkembangan esports Indonesia di mata dunia, karena untuk pertama kalinya Indonesia berhasil membawa pulang piala ini setelah tahun lalu turnamen MSC selalu dikuasai oleh tim-tim Filipina.”

Perjalanan berlogo kuning hitam yang beranggotakan Udil, Drian, Sasa, Antimage, dan Psychoo ini tergolong mulus. Sebagai salah satu anggota Grup D di group stage, ONIC berhasil meraih kemenangan 2-0 atas tim Burmese Ghouls dan WAWA Gaming sekaligus. Perolehan poin sempurna mengantar ONIC maju ke babak playoff lewat Upper Bracket, melawan tim IDNS yang merupakan salah satu unggulan. Lagi-lagi, ONIC melibas IDNS 2-0, bahkan sempat meraih Savage sebelum akhirnya melenggang ke All-Indonesian Final.

ONIC Esports - MVP Sasa
Sumber: Moonton

“Kemenangan tim ONIC Esports di MSC 2019 menjadi milik bersama dengan para penggemar, partner, pecinta esports, dan masyarakat Indonesia. Gelar juara ini memotivasi kami untuk terus berkembang dan menjadi amunisi semangat untuk persiapan menghadapi Mobile Legends Pro League Season 4 yang akan segera digelar di bulan Agustus. Kami juga berharap dengan kemenangan berturut-turut di tiga turnamen besar, para pemain ONIC Esports akan terus mendapatkan dukungan sepenuhnya dari seluruh masyarakat untuk berjuang mewakili Indonesia di ajang berskala nasional dan internasional, seperti pada SEA Games di bulan November mendatang,” papar Chandra lagi.

Selamat kepada ONIC Esports! Semoga terus bisa mempertahankan prestasinya, bahkan meningkatkannya ke panggung yang lebih tinggi lagi. Sampai kapan kira-kira dominasi ONIC di kancah MLBB akan bertahan? Akankah Louvre bisa melakukan rematch dan merebut takhta juara dari ONIC? Tampaknya MPL ID Season 4 akan menghasilkan cerita-cerita yang lebih seru lagi dengan persaingan tim-tim top Indonesia yang semakin hebat saja. Jangan lupa saksikan cerita perjuangan ONIC Esports di MSC 2019 lewat dokumenter singkat di bawah.