Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Nyaris 750 Juta Kopi Game Diklaim dari Epic Games Store Selama 2020

29 January 2021Glenn Kaonang

Jumlah penggunanya sudah menembus angka 160 juta orang

2020 adalah tahun yang sibuk bagi Epic Games. Game demi game mereka bagikan secara cuma-cuma selama pandemi, seakan mengerti bahwa kita butuh lebih banyak hiburan untuk menjalani masa sulit akibat COVID-19. Tidak tanggung-tanggung, game sekelas Grand Theft Auto V pun sempat mereka gratiskan, yang pada akhirnya berujung pada server mereka jebol untuk sesaat.

Di samping berderma, Epic Games juga sempat menyingkap Unreal Engine 5, engine baru yang akan membantu developer menghasilkan game yang lebih realistis lagi. Masih di tahun 2020, Epic Games juga memutuskan untuk ‘perang’ melawan Apple, dan mereka harus tabah melihat deretan game-nya lenyap dari App Store.

Terlepas dari itu, Epic Games tetap mencatatkan pertumbuhan yang mengesankan. Lewat sebuah blog post, Epic membeberkan sejumlah data yang cukup menarik, seperti misalnya jumlah pengguna Epic Games Store di PC yang sudah menembus angka 160 juta orang, dan bagaimana mereka menghabiskan sekitar 5,7 miliar jam bermain sekaligus mendatangkan pemasukan sebesar lebih dari $700 juta bagi Epic Games Store.

Sebagian besar pemasukan ini memang berasal dari Fortnite, akan tetapi 37%-nya (± $265 juta) datang dari penjualan game pihak ketiga. Selain Fortnite dan Rocket League, judul-judul lain yang laris terjual di Epic Games Store mencakup Assassin’s Creed Valhalla, Satisfactory, SnowRunner, Godfall, Borderlands 3, dan remake Tony Hawk’s Pro Skater 1 + 2.

Tercatat ada 31,3 juta pengguna aktif harian di platform Epic Games, naik 192% jika dibandingkan dengan pencapaian di tahun 2019. Per Desember kemarin, jumlah pengguna aktif bulanannya mencapai angka 56 juta, atau naik sekitar 24 juta dibandingkan di tahun sebelumnya. Sebagai perbandingan, Steam mencatatkan 120 juta jumlah pengguna aktif bulanan selama tahun 2020.

Game seperti Total War Saga: Troy malah digratiskan di hari pertama peluncurannya pada bulan Agustus 2020 / Epic Games Store
Game seperti Total War Saga: Troy malah digratiskan di hari pertama peluncurannya pada bulan Agustus 2020 / Epic Games Store

Yang luar biasa adalah jumlah game gratis yang Epic Games bagikan selama tahun 2020: 103 judul, yang berarti Anda berhasil menghemat sekitar $2.407 apabila sempat mengklaim seluruhnya tanpa ada satu pun yang meleset. Secara total, ada lebih dari 749 juta kopi game yang diklaim oleh pengguna Epic Games Store selama setahun kemarin.

Jumlah game yang terdapat pada katalog Epic Games Store juga bertambah drastis dari 190 judul menjadi 471 judul di tahun 2020 kemarin. Di tahun 2021 ini pun Epic Games juga belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti; baru-baru ini, Hitman 3 versi PC resmi dirilis secara eksklusif melalui Epic Games Store.

Mereka juga masih berkomitmen untuk membagikan game gratis setiap minggunya. Pada kenyataannya, server Epic Games Store juga sempat down belum lama ini ketika mereka menggratiskan Star Wars Battlefront 2.

Terakhir, Epic Games lagi-lagi juga sempat menyinggung soal self-publishing tool yang akan mereka luncurkan buat para developer. Harapannya adalah supaya katalog game Epic Games Store bisa bertumbuh lebih pesat lagi seiring bertambah mudahnya proses yang diperlukan untuk merilis game lewat platform tersebut.

Sumber: Games Industry.

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV