30 August 2016

by Yoga Wisesa

No Man's Sky Mengecewakan? Nikmati Petualangan Luar Angkasa 'Sesungguhnya' di SpaceEngine, Gratis

Wilayah-wilayah observable universe dibuat berdasarkan data astronomi sesungguhnya, lalu area yang belum terjamah dibangun dengan teknik procedural generation.

Mungkin terlalu tingginya ekspektasi gamer dan fakta bahwa sejumlah hal yang Hello Games promosikan dahulu tidak sesuai dengan konten permainan berujung pada membludaknya permintaan refund (baik versi PS4 serta PC) serta anjloknya jumlah pemain. Namun ada obat buat kekecewaan itu, dan kabar gembiranya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Jika Anda masih mencari pemuas dahaga dalam berpetualang di luar angkasa, SpaceEngine boleh jadi merupakan permainan yang Anda tunggu. Sejumlah elemen No Man's Sky memang hadir di sana - satu contohnya ialah elemen procedural generation, tapi game ini mengusung pendekatan lebih realistis: tidak ada spesies alien maupun fauna-fauna lucu serta tumbuhan aneh berwarna-warni; hanya ada Anda dan luasnya jagat raya.

SpaceEngine ialah sebuah program simulasi, memungkinkan Anda menjelajahi angkasa, dimulai dari Bumi hingga galaksi paling jauh. Wilayah-wilayah observable universe (area yang berhasil dideteksi manusia) dibuat berdasarkan data astronomi sesungguhnya, lalu area yang belum terjamah dibangun dengan teknik procedural generation. SpaceEngine berisi jutaan galaksi dan triliunan bitang; Anda bisa mendarat di planet, asteroid atau bulan untuk menyaksikan fenomena angkasa - semuanya siap dieksplorasi.

Tak ada sumber daya atau item tertentu yang harus dikumpulkan, Anda bisa bergerak bebas di luar angkasa, dan transisi dari space ke atmosfer planet berlangsung mulus. Kendali disajikan melalui tombol WASD layaknya game shooter, dan pemain juga dapat menggunakan mode Spacecraft atau Aircraft. Terdapat pula fitur autopilot: cukup dengan mengklik objek dan menekan tombol G, Anda akan dibawa langsung ke objek (bintang, nebula, atau planet) tersebut, kecepatan jelajahnya pun diatur agar nyaman buat Anda.

SpaceEngine dibekali insiklopedia build-in, kontennya bisa diedit dan sangat mungkin bagi Anda untuk mengubah nama objek apapun di sana. Gerakan orbit planet dibuat berdasarkan perhitungan sesungguhnya, dan pemain juga dipersilakan mengubah kecepatan hingga memundurkan waktu.

Hebatnya lagi, SpaceEngine mempunyai grafis yang sangat cantik, dilengkapi efek-efek visual apik seperti lens flare, debu-debu galaksi volumetric 3D, gerhana matahari, hingga bayangan planet pada cincin asteroid. Perjalanan Anda juga diiringi musik background, akan berganti otomatis sesuai konteks.

SpaceEngine dicitpakan oleh ahli astronomi asal Rusia, Vladimir Romanyuk. Game dapat langsung Anda unduh di websiteSpaceEngine.org secara cuma-cuma. Meskipun grafisnya terlihat begitu memesona, permainan ini tidak menuntut spesifikasi hardware yang terlalu tinggi.