Pelatih Nigma Galaxy MLBB Ladies, Lionheart Ungkap Tantangan Melatih Tim Divisi Perempuan

Ada berbagai aspek yang diutamakan ketika melatih tim beranggotakan perempuan, salah satunya mood yang harus dijaga.

Perkembangan skena esports dunia terus berlangsung seperti kehadiran tim Nigma Galaxy.

Peran tim tersebut ikut dirasakan di Indonesia setelah diumumkan kehadiran tim Nigma Galaxy MLBB Ladies yang beranggotakan para perempuan berbakat.

Tim tersebut memutuskan untuk melakukan investasi di Indonesia, dimulai dengan divisi perempuan. Memang banyak turnamen yang bisa diikuti di kategori esports Mobile Legends perempuan seperti Women Super League.

Hybrid mendapatkan kesempatan untuk wawancara dengan sang pelatih yaitu Lionheart. Benar, Nigma Galaxy juga menunjuk Kristiawan "Lionheart" Eko Susilo sebagai pelatih tim tersebut.

Memang Lionheart sudah kenyang akan pengalaman sebagai seorang pelatih, pernah memimpin tim EVOS Dota 2, Geek Fam MLBB, Aura Fire MLBB, dan kini di Nigma Galaxy MLBB Ladies.

Namun hal yang berbeda dibanding tim sebelumnya adalah lingkup tim tersebut. Nigma Galaxy MLBB Ladies menjadi tim perempuan pertama yang dilatih Lionheart selama pengalamannya di skena esports Indonesia.

Apa hal yang berbeda dengan metode pelatihan, ritme strategi, dan lain sebagainya? Lalu ada rahasia sukses tim tersebut sehingga mampu juara di turnamen debutnya pada WSL Academy Season 3?

Pengalaman Perdana Melatih Tim Esports Perempuan

Seperti yang diketahui sebelumnya, Lionheart akan mengarungi petualangan barunya sebagai pelatih tim esports dengan Nigma Galaxy MLBB Ladies. Apa kesan pertama yang didapat oleh pelatih tersebut?

"Excited dan challenging ya karena skena ladies mulai marak di Indonesia dan Nigma merupakan salah satu organisasi esports besar di dunia yang mulai merambah ke lingkup esports Indonesia," ucapnya.

Rahasia Kemenangan NGX MLBB Ladies di WSL Academy Season 3

Sumber: Nigma Galaxy

Satu hal yang menyita perhatian adalah kemenangan instan NGX MLBB di ajang debutnya pada WSL Academy Season 3. Apa hal yang dipersiapkan sang pelatih untuk menjamu turnamen perdananya?

"Karena persiapannya juga mepet dan ada 2 orang yg berganti role di kita, oleh karena itu saya hanya memaksimalkan semua potensi dari setiap pemain di tim NGX MLBB.

Dan mungkin mental serta mindset untuk juara yang saya lebih tekankan kemarin sewaktu WSL Academy bergulir. Untuk strategi, draft, dan lain sebagainya kita maksimalkan kemampuan tiap pemainnya aja dan disinergikan dengan objektif game yang jelas," ucapnya.

Metode Latihan Untuk Tim Laki dan Perempuan, Apa Bedanya?

Sumber: Nigma Galaxy

Merangkul sebuah tim bukan pekerjaan yang mudah, namun debutnya melatih tim perempuan menjadi tantangan tersendiri. Apa metode/pola yang diterapkan oleh sang pelatih untuk tim NGX MLBB Ladies?

"Agak sedikit berbeda ya, kalau di sisi cowok mungkin bisa ditempa dengan keras dan kata-kata yang agak 'menyakitkan', kalau di scene ladies mungkin lebih diperhalus aja agar jangan sampai merusak mental ataupun mood mereka bermain.

Karena cowok kan lebih ke logika dan cewe lebih ke perasaan jadiĀ  treatment-nya agak menimbang perasaan juga, haha," jelas sang pelatih tentang kiat latihannya.

Peta Kekuatan Mobile Legends Ladies di Indonesia, Cukup Sengitkah?

Sumber: Bigetron Esports

Selain meningkatkan performa timnya, tentu Lionheart melakukan analisa terhadap tim dan sengitnya skena esports MLBB ladies di Indonesia, beberapa tim yang mendominasi adalah Bigetron Era dan EVOS Lynx.

"Saat ini sangat sengit ya menurutku, karena semua tim lain juga berlomba untuk maju. Di samping itu juga banyak brand baru yang ingin naik. Menurutku tahun ini bakal jadi tahun yang seru terlebih untuk skena ladies Mobile Legends Indonesia," ujar pendapat sang pelatih.

Harapan Lionheart Untuk Ekosistem Skena Esports MLBB Ladies

Sumber: Nigma Galaxy

Sebagai pelatih yang baru merasakan sengitnya persaingan di skena esports MLBB ladies, Lionheart memiliki harapan agar terjadi peningkatan di segala aspeknya.

"Semakin ramai dan berkembang, serta semua unsurnya mendukung dari pihak turnamen, tim peserta, maupun sponsor dan tentunya fans. Sehingga nantinya, bisa dan mampu menciptakan ekosistem baru yang tidak kalah dengan skena MLBB para cowok sih, itu aja," tutup Lionheart di sesi wawancara eksklusif dengan Hybrid.

Setelah WSL Academy Season 3, NGX MLBB Ladies akan bersiap untuk bertanding di ajang UniPin Ladies Series Season 3 mendatang. Sebelumnya, Bigetron Era sukses menjuarai UniPin Ladies Series Season 2.


Lionheart juga melakukan jasa coaching clinic untuk Anda yang tertarik meningkatkan kualitas bermain di Mobile Legends, bisa mengisi formulir DI SINI.

Jangan lupa mengikuti aktivitas dan keseruan Nigma Galaxy di Instagram @teamnigma dan tentunya mengikuti Lionheart di akun Instagram pribadinya di @ngx.lionheart.