9 January 2023

by Galih

NetEase Resmi Akuisisi Studio Milik Microsoft, SkyBox Labs

SkyBox kini semakin melengkapi jajaran studio milik NetEase

Raksasa teknologi Tiongkok, NetEase menunjukkan keseriusannya di industri video game. Setelah tahun lalu telah mengakuisi Quantic Dream dan mendirikan studionya sendiri, tahun ini NetEase Games melakukan akuisisi besar lainnya.

Tanpa menunggu lama, NetEase baru saja mengumumkan bahwa mereka kini telah resmi mengakuisisi Skybox Labs. Studio ini sebelumnya merupakan studio pembantu yang sering bekerja sama dengan Microsoft.

Sebelumnya tergabung dalam Microsoft Studios/Xbox Game Studios, Skybox Labs banyak membantu Microsoft dalam memproduksi game-game mereka.

Sebut saja Minecraft, Age of Empires II HD, Project Spark, hingga yang terbaru adalah membantu studio 343 Industries dalam pengembangan Halo Infinite.

Namun, ke depannya Skybox Labs akan berjalan di bawah bendera NetEase Games. Dalam pengumumannya hari Jumat lalu, NetEase Games mengumumkan bahwa SkyBox Labs akan tetap beroperasi secara independen di bawah tiga co-founder aslinya.

"Kami telah membangun tim dari banyak anggota bertalenta yang bersemangat dan kreatif. Dan dengan bergabung dengan NetEase Games, kami akan dapat mempercepat rencana kami untuk mengejar peluang kreatif baru," ungkap salah satu founder Skybox, Shyang Kong.

Lebih lanjut, Shyang juga menjelaskan bahwa kesempatan ini akan memungkinkan mereka untuk mendapat akses pada sumber daya operasional kelas dunia.

Sehingga dengan berbagai fasilitas dan layanan yang dimiliki NetEase, mereka dapat mempercepat perkembangan berbagai aspek pada studio mereka yang berada di Kanada.

Di sisi lain, melalui rilisan resminya, President of global investment and partnership NetEase Games, Simon Zhu juga menyambut kedatangan SkyBox Labs ke dalam keluarga NetEase Games.

Image Credit: Skybox Labs

NetEase berharap SkyBox Labs nantinya dapat tumbuh dan berkembang terutama di Kanada. NetEase Games sendiri menyebut bahwa mereka akan terus mendukung para pengembang terbaik di seluruh dunia untuk mengembangkan pengalaman gaming yang tak terlupakan bagi gamer.

Dengan bergabungnya Skybox Labs, maka NetEase semakin mematangkan jajaran studio game yang mereka miliki. Sayangnya, hingga sekarang NetEase masih belum mengumumkan proyek apa yang akan dibuat oleh mereka.

Yang pasti NetEase masih tetap berambisi untuk dapat masuk dan mengambil porsi di pasar gaming PC dan konsol. Mengingat NetEase telah cukup menguasai pasar game mobile selama bertahun-tahun.