Dark
Light

Nano-SIM di Indonesia Dikabarkan Bakal Hadir Oktober

1 min read
September 14, 2012

Masih tentang iPhone 5, kali ini kita membahas soal Nano-SIM. iPhone 5 adalah smartphone pertama yang menggunakan Nano-SIM. Ini adalah inovasi kedua Apple untuk SIM card setelah iPhone 4 menjadi yang pertama di dunia menggunakan Micro-SIM. iPhone 5 di regional bakal keluar tanggal 21 September, terutama di Hong Kong, Singapura dan Australia. Yang jadi permasalahan bagi Apple fanboy adalah bagaimana caranya menggunakan iPhone 5 jika Nano-SIM belum tersedia.

Yang menjadi perbedaan utama antara transisi SIM card ke Micro-SIM dan Micro-SIM ke Nano-SIM sesungguhnya adalah di ketebalan. Pengguna SIM card bisa dengan cukup mudah memotong kartunya menjadi Micro-SIM. Permasalahan yang dihadirkan oleh Nano-SIM adalah tingkat ketebalannya berbeda dengan pendahulunya. Seperti dikonfirmasi oleh NDTV, Nano-SIM lebih tipis 15% ketimbang SIM card biasa. Ukuran spesifikasi Nano-SIM adalah 12.3 mm x 8.8 mm x 0.67 mm. Memaksa memodifikasi sendiri SIM card biasa atau Micro-SIM menjadi Nano-SIM adalah mustahil.

Untungnya kami memperoleh info terpercaya dari beberapa sumber bahwa meskipun iPhone 5 sendiri masih belum akan hadir (secara resmi) di Indonesia dalam waktu dekat, operator partner untuk penjualan iPhone sudah memesan Nano-SIM ke supplier-nya. Dikabarkan ketiganya (baik Telkomsel, Indosat maupun XL) bakal menghadirkan opsi penggunaan Nano-SIM per Oktober ini, atau setidaknya satu bulan setelah launching iPhone 5.

Seandainya tidak sesuai jadwal, saya prediksikan selambat-lambatnya Nano-SIM ini sudah bisa diutilisasi oleh pengguna di Indonesia pada bulan November. Sementara itu, mungkin bisa mengakali penggunaan iPhone 5 sebagai “iPod touch” dan menyandingkannya dengan mobile hotspot untuk kebutuhan Internet di mana saja dan kapan saja.

Jangan khawatir, meskipun Nano-SIM hanya bisa dipakai di iPhone 5, sudah tersedia adapter untuk membuatnya kompatibel dan bisa dipergunakan di ponsel yang menggunakan SIM card biasa ataupun Micro-SIM.

Jadi, berapa banyak dari Anda yang akan ikut mengantri dan membeli iPhone 5 di hari pertama peluncuran?

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Karyawan Microsoft Dapat Perangkat Surface, Komputer Windows 8 dan Smartphone Windows Phone 8

Next Story

Can’t Wait For LTE With iPhone 5? Hold Your Horses

Latest from Blog

Don't Miss

Niko Partners: Pertumbuhan Industri Game Indonesia di 2023 Melambat

Game menjadi salah satu industri yang justru tumbuh selama pandemi
Bekerja di OPPO

Seperti Ini Pengalaman Bekerja Sebagai Trainer di OPPO Indonesia

Deni Suwasta sudah bekerja selama delapan tahun di OPPO Indonesia,