Gaming News

N3twork Siapkan Rp793 Miliar untuk Bantu Developer Indie Memasarkan Game Mereka

09 Apr 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Salah satu game yang sudah mendapatkan dukungan dari N3twork adalah Star Chef 2

N3twork, kreator dari game Legendary: Game of Heroes, menyiapkan Growth Fund sebesar US$50 juta (sekitar Rp793 miliar) untuk membantu developer mengembangkan bisnis mereka. Selain itu, mereka juga akan  mengajarkan teknik akuisisi dan retensi pemain serta cara untuk meningkatkan engagement pemain. Tak hanya Growth Fund, mereka juga menyiapkan Pilot Fund sebesar US$1 juta (sekitar Rp15,9 miliar). Pilot Fund ditujukan untuk para developer yang tidak memiliki dana atau kurang mampu dalam merealisasikan potensi game yang mereka buat. Melalui dana ini, N3twork juga ingin membantu developer yang biaya akuisisi pemainnya terlalu tinggi sehingga mereka tidak punya dana marketing yang memadai.

Dengan Pilot Fund, N3twork akan memberikan US$10 ribu (sekitar Rp158,6 juta) pada developer indie untuk mempromosikan game mereka selama satu bulan. Dana tersebut akan digunakan untuk iklan. Peran N3twork adalah untuk membantu para developer agar semakin banyak orang yang mengunduh game mereka. Jika developer sukses memanfaatkan dana dari Pilot Fund, maka mereka akan bisa mendapatkan pendanaan lebih lanjut melalui Growth Fund. Selain dana, N3twork juga akan mengajarkan para developer tentang tips dan trik monetisasi dan cara mengiklankan game yang efektif.

“Ketika saya pertama kali bergabung dengan N3twork, kami memang punya rencana untuk merilis tools dan teknologi yang kami kembangkan ke developer pihak ketiga di masa depan,” kata Dan Barnes, Head of Platform, N3twork, seperti dikutip dari GamesBeat. “Kami selalu mengembangkan tool yang memang bisa menjadi produk mandiri. Tools tersebut bisa kami gunakan sendiri. Namun, tools tersebut juga bisa digunakan oleh pihak lain.” Memang, N3twork memiliki N3twork Scale Platform, yang terdiri dari tools dan layanan terkait pembuatan iklan dan otomasi kampanye iklan serta menyediakan insight tentang segmentasi dan perilaku pengguna.

n3twork
N3twork Scale Platform berisi tools dan layanan untuk iklan. | Sumber: VentureBeat

Sebelum ini, N3twork telah membantu 10 game melalui Pilot Fund. Dari 10 game tersebut, Star Chef 2 buatan 99Games lolos untuk masuk ke tahap pendaan berikutnya via Growth Fund. N3twork juga akan menjadi publisher dari game Star Chef 2. Ke depan, N3twork berencana untuk memberikan pendanaan pada lebih dari 100 game dengan Pilot Fund. Sementara dengan Growth Fund, mereka ingin bisa memberikan dana sampai US$1,5 juta (sekitar Rp23,8 miliar) per bulan.

Star Chef adalah game manajemen restoran. Di sini, para pemain menjadi pemilik restoran yang bertujuan untuk memuaskan hati pelanggan dengan menyediakan berbagai menu populer dari seluruh dunia. Pendahulu Star Chef 2, Star Chef berhasil menjadi salah satu game masak terpopuler dengan total pemasukan mencapai US$30 juta (sekitar Rp476 miliar). Seiring dengan berkembangnya industri game, semakin banyak juga pihak yang tertarik untuk menjadi investor para developer dan pelaku industri game lainnya. Tahun lalu, Hiro Capital dibentuk dengan tujuan untuk mendanai pelaku di bidang game, esports, dan digital sports.