Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Monitor Gaming akan Kembali Naik Level dengan Refresh Rate 480Hz

30 July 2021Sean Edbert

Monitor dengan refresh rate 480Hz ini diperkirakan akan rilis di awal tahun 2023 mendatang.

Refresh rate merupakan salah satu spesifikasi yang paling diperhatikan saat ingin membeli monitor. Sedikit penjelasan, refresh rate adalah kecepatan monitor untuk menampilkan gambar baru setiap detik. Contohnya, monitor dengan refresh rate 144Hz akan menampilkan 144 gambar baru per detik.

Image Credit: ASUS

Saat ini, monitor-monitor yang dijual di pasaran memiliki refresh rate bervariasi. Untuk monitor standar (biasanya untuk perkantoran) memiliki refresh rate 60Hz sampai 75Hz. Namun, untuk para gamer, terutama pemain FPS atau game lain yang membutuhkan reaksi cepat, biasanya membutuhkan monitor dengan refresh rate yang lebih tinggi. Karena itu, sejumlah pabrikan monitor seperti LG, ASUS, Samsung, mengeluarkan monitor gaming yang memiliki refresh rate 120Hz hingga yang paling tinggi untuk saat ini adalah 360Hz.

Rupanya, angka refresh rate dari monitor gaming ternyata tidak berhenti di 360Hz saja. Baru-baru ini, TFT Central mengabarkan LG Display (divisi LG yang berfokus ke bagian monitor) dan AU Optronics akan mengembangkan panel monitor baru dengan refresh rate 480Hz.

Image Credit: LG

LG Display akan memulai pengembangan panel monitor dengan refresh rate 480Hz ber-resolusi 1080p pada akhir tahun ini. Monitor dengan refresh rate 480Hz garapan LG ini dikabarkan akan memiliki ukuran 24.5 inch dan sertifikasi VESA DisplayHDR400. Sayangnya, pabrikan elektronik asal Korea ini belum akan memulai proses produksi hingga akhir tahun 2022 mendatang. Jadi, monitor gaming besutan LG dengan refresh rate 480Hz ini diperkirakan akan rilis di pasaran pada awal tahun 2023.

Di sisi lain, AU Optronics merencanakan akan mendorong perilisan sejumlah monitor gaming terbarunya di beberapa tahun mendatang. Mereka memiliki jajaran monitor beresolusi 1080p dengan refresh rate 480Hz, 1440p dengan 360Hz, dan 4K dengan 240Hz. Kabarnya, monitor 1440p dengan refresh rate 360Hz mereka akan memasuki proses produksi pada tahun ini. Untuk monitor lain dikabarkan akan diproduksi pada tahun 2022 mendatang. AUO belum membocorkan ukuran monitor maupun spesifikasi lengkap dari monitor-monitor gaming terbaru besutan mereka ini.

Untuk meraih potensi penuh dari monitor-monitor dengan refresh rate 480Hz ini, pastinya Anda akan membutuhkan GPU kuat yang bisa mendorong FPS hingga 480. Untuk menambah FPS, AMD beberapa waktu lalu merilis teknologi penambah FPS mereka, FidelityFX Super Resolution. Anda bisa membaca tentang teknologi terbaru dari AMD ini lebih lengkap, di sini.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV