Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

AMD FidelityFX Super Resolution Resmi Diluncurkan, Bagaimana Performanya?

25 June 2021Sean Edbert

Teknologi penambah FPS dari AMD ini diluncurkan pada 22 Juni kemarin.

Setelah diumumkan pada awal bulan Juni oleh AMD, FidelityFX Super Resolution atau FSR akhirnya dirilis resmi untuk publik. AMD FSR merupakan teknologi upscaling yang bertugas untuk menambah FPS tanpa menurunkan kualitas grafis di beberapa game yang sudah mendukung teknologi ini.

Image Credit: AMD

Saat peluncurannya, AMD FSR sudah mendukung 7 game dan menjanjikan lebih banyak lagi ke depannya. Game yang sudah bisa dimainkan dengan AMD FSR meliputi 22 Racing Series, Anno 1800, Evil Genius 2, Godfall, Kingshunt, Terminator: Resistance dan The Riftbreaker. AMD berkerja sama dengan lebih dari 40 developer untuk mengimplementasikan FSR di game mereka. Akhir tahun ini, AMD FidelityFX Super Resolution akan datang ke Dota 2, Far Cry 6, dan Resident Evil Village.

Fitur FidelityFX Super Resolution ini sudah disematkan pada driver AMD terbaru, Radeon Software versi 21.6.1. AMD menyatakan bahwa FSR akan mendukung GPU-GPU baru maupun lama. GPU yang dapat menggunakan FSR yaitu, seri RX 6000, RX 5000, RX 500, RX 400, RX Vega, dan laptop dengan CPU AMD Ryzen yang memiliki iGPU Radeon Graphics. AMD juga membuat FSR dapat digunakan pada GPU NVIDIA baru hingga GeForce GTX 10-series.

Fidelity Super Resolution mampu meningkatkan FPS dengan 4 mode, Ultra Quality, Quality, Balanced, dan Performance. Di setiap mode, FSR berkerja dengan cara meningkatkan render resolution sebesar 1.3x, 1.5x, 1.7x, dan 2.0x.

Cara kerja dari AMD FidelityFX ini cukup canggih. Saat diaktifkan, FSR menurunkan resolusi render in-game dan men-upscale lagi ke resolusi layar. Artinya, jika resolusi layar Anda 1920×1080, FSR dengan mode Performance akan menurunkan resolusi render in-game sampai 960×540.

Image Credit: AMD

Kabarnya, AMD juga akan mendatangkan fitur FidelityFX Super Resolution ini ke PlayStation 5 dan Xbox Series X/S. Tetapi untuk saat ini, FSR hanya tersedia di PC.

Sejumlah reviewer seperti Linus Tech Tips menguji langsung teknologi upscaling dari AMD. Menggunakan Radeon RX6800 XT, YouTuber asal Canada ini memperlihatkan bagaimana kualitas grafis di settingan Native, Ultra Quality, Quality, Balanced, dan Performance. Tidak hanya kualitas grafis, hasil performa yang diberikan juga ditampilkan pada video. Selain Linus, Hardware Unboxed dan Gamer Nexus juga tiba pada kesimpulan yang senada.

Umumnya, pada resolusi 4K dan 1440p, FSR Ultra Quality dan Quality akan memberikan peningkatan performa yang layak diacungi jempol dengan kualitas grafis yang mendekati native resolution. Sayangnya, pada setting Balanced ataupun Performance, kualitas grafisnya akan terlihat kurang memuaskan.

Selain itu, jika Anda masih menggunakan monitor dengan resolusi 1080p, Anda mungkin tidak akan banyak mendapatkan peningkatan performa dengan FSR. Namun demikian, Hardware Unboxed menambahkan jika peningkatan performa untuk resolusi 1080p mungkin dapat berguna bagi mereka-mereka yang masih menggunakan onboard grafis seperti pada APU AMD.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV