Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Monitor Gaming Pertama dengan Teknologi “Mini LED” Ini Dibanderol Seharga Rp43 Juta.

2 May 2021Sean Edbert

ASUS mengklaim teknologi "Mini LED" yang disematkan pada ROG Swift PG32UQX adalah yang pertama di dunia

“The 4K Endgame”, itulah sebutan ASUS untuk monitor gaming terbaru mereka bernama ASUS ROG Swift PG32UQX yang diklaim memiliki teknologi Mini LED pertama di dunia. ASUS telah membuka pre-order untuk wilayah Amerika Serikat dengan harga US$3000 atau sekitar Rp43 juta. Akhir bulan Mei 2021, monitor ini diperkirakan sudah terjun ke pasaran. Untuk spesifikasi, ASUS menyematkan berbagai fitur teranyar, mari mulai dari Mini LEDyang disebut-sebut sebagai “pertama di dunia”.

Apa itu Mini LED? Sesuai namanya, LED yang digunakan pada monitor gaming Asus ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan monitor lainnya. Berbeda dengan OLED, pixel-pixel pada layar LCD membutuhkan sumber cahaya yang terpisah. Mini LED lebih unggul dari LED biasa dengan memberikan zona cahaya yang lebih luas, kontras layar yang lebih baik, serta tingkat kecerahan layar lebih tinggi.

ASUS mengatakan ROG Swift PG32UQX dapat menampilkan konten HDR dengan tingkat kecerahan sampai 1,400 nits dan 500 nits untuk konten SDR. Hal ini membuat monitor PG32UQX mendapatkan sertifikasi VESA DisplayHDR 1400 (tingkat tertinggi untuk sekarang) menemani ASUS ProArt PA32UCG. Tingkat kecerahan 1,400 nits membuat detail kecil pada game seperti lampu jalan tampil lebih terang dan realistik dibanding sebelumnya.

Monitor gaming keluaran ASUS ini juga menawarkan teknologi full-array local dimming atau FALD dengan 1,152 zona LED independen. Teknologi FALD ini membuat layar dapat menampilkan hitam yang lebih gelap sementara pada bagian terang akan tetap terang.

Memiliki resolusi 4k dan refresh rate 144hz, ASUS juga memberikan fitur Nvidia G-Sync untuk mencegah screen tearing. Serta, teknologi quantum-dot yang disematkan oleh ASUS pada monitor terbarunya memberikan cakupan warna DCI-P3 hingga 98 persen dan 160 persen untuk sRGB.

Dalam segi konektivitas, ASUS ROG Swift PG32UQX memiliki tiga port HDMI 2.0, satu DisplayPort 1.4 dengan Display Stream Compression (DSC), satu port audio 3.5mm, dua port USB 3.1, dan satu port USB 2.0. Sangat disayangkan ASUS ROG Swift PG32UQX masih menggunakan HDMI 2.0 padahal salah satu kompetitornya, Acer Nitro XV28 sudah menggunakan HDMI 2.1.

Image credit: ASUS ROG

Ada beberapa fitur unik pada monitor garapan ASUS ini. Salah satunya terdapat socket tripod di bagian atas monitor untuk memasang webcam dan port USB 2.0 yang berada di sebelahnya.

Image credit: Asus ROG

Monitor ini juga memiliki layar OLED kecil pada bagian bawah yang menampilkan beberapa informasi sistem. Seperti temperatur sistem, tegangan, kecepatan kipas, dan frekuensi sistem. Serta di bawah layar terdapat kenob untuk mengatur kontrol layar.

 

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV