Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Dikalahkan Filipina, Timnas Mobile Legends Indonesia Sumbang Medali Perak di SEA Games 2021

20 May 2022Yubian Asfar

Kekalahan ini menambah panjang rekor kekalahan timnas Indonesia ketika berhadapan dengan tim Filipina.

Setelah proses seleksi dan turnamen yang sengit, akhirnya cabang esports Mobile Legends: Bang Bang menyelesaikan rangkaian turnamennya. Timnas Filipina berhasil menjadi pemenang sekaligus menyabet medali emas setelah mengalahkan timnas Indonesia dengan skor 3-1.

Pertemuan kedua tim sendiri memang sesuai prediksi mengingat Indonesia dan Filipina memiliki skena Mobile Legends yang paling berkembang di level global.

Indonesia sendiri mengirim total 7 pemain untuk memperkuat timnas, sekaligus merekrut 1 pelatih asal Singapura, berikut jajaran pemainnya:

1. Albert Neilsen Iskandar – (Albertt)
2. Gilang – (SANZ)
3. Calvin Winata – (CW)
4. Nicky Fernando Pontonuwu – (Kiboy)
5. Calvin – (Vyn)
6. Rivaldi Fatah – (R7)
7. Ihsan Besari Kusudana (Luminaire)
8. James Chen – Pelatih

Sumber: SEA Games 2021 Vietnam

Meski memiliki jajaran pemain yang kuat, nyatanya roster Blacklist International yang mewakili timnas Filipina sukses menjadi pemenang.

Skor 3-1 Pastikan Medali Emas Untuk Filipina

Memang laga ini yang sangat dinantikan oleh banyak orang, apalagi kalau bukan kesempatan memberikan medali emas untuk negara. Indonesia sendiri sudah membawa medali emas terlebih dahulu dari cabang esports Free Fire.

Mobile Legends memang berpotensi mengirimkan medali emas, setidaknya dengan ke grand final maka medali perak sudah diamankan. Namun kejutan sudah dirasakan oleh Indonesia sejak laga pertama, apalagi setelah kemenangan tim Filipina.

Gonzales yang menggunakan Wanwan menjadi bintang. Mengamankan MVP dan membawa timnya menyudahi perlawanan Indonesia di ronde pertama yang memang berjalan sangat sengit.

Sumber: SEA Games 2021 Vietnam

Setelah tertinggal dengan skor 1-0, kemudian Indonesia memberikan respon cepat. Benar, timnas Indonesia langsung menyamakan keduduka dengan skor 1-1. Kali ini SANZ menjadi bintang dengan menggunakan Xavier, bahkan KDA 4/0/10 berhasil dicatatkan.

Dengan format best-of-five, Indonesia setidaknya harus mengamankan 2 kemenangan lagi untuk meraih medali emas.

Namun nahas, Filipina bermain dengan sangat rapih dan memaksimalkan draft dengan hero-hero yang nyaman. Imam dan Gonzales dari timnas Filipina sukses menjadi momok menakutkan melawan timnas Indonesia.

Sumber: SEA Games 2021 Vietnam

Pada akhirnya, skor akhir 3-1 mencatatkan kemenangan timnas Filipina. Timnas Indonesia sendiri menyumbangkan medali perak, lalu disusul timnas Singapura yang mengamankan medali perunggu setelah mengalahkan Malaysia.

Hasil ini sendiri memperpanjang rekor buruk timnas Indonesia melawan timnas Filipina di ajang SEA Games. Sebelumnya, Indonesia juga kalah di babak final dengan skor 3-2 melawan Filipina pada gelaran SEA Games 2019 silam.

Play video

1 July 2022

Media Mainstream Kompas Rilis NFT #shorts

Media mainstrean Indonesia, Kompas, siap merilis NFT mereka. Link artikel: ...

Others from #HybridTV