Misfits Gaming Group Siapkan Rp141 Miliar untuk Modali Startup Esports

Selain startup esports, Misfits Gaming Group juga akan mendanai startup data dan analitik terkait esports

Misfits Gaming Group, perusahaan yang membawahi Misfits Gaming, Florida Mayhem, dan Florida Mutineers, baru saja mengumumkan peluncuran MSF.IO, inkubator dan program pendanaan awal untuk startup yang bergerak di bidang esports. Namun, mereka tidak membatasi diri hanya pada startup esports, tapi juga startup lain yang mendukung esports sebagai ekosistem, seperti perusahaan data dan analitik atau startup edukasi yang siap membantu pemain untuk mengasah kemampuannya. Mereka juga tertarik untuk mendanai studio game. Untuk program pendanaan ini, Misifts Gaming Group menyiapkan US$10 juta (sekitar Rp141 miliar), yang akan diberikan pada lima startup terpilih dalam batch pertama investasi mereka.

"Walaupun ada banyak opsi investasi di tingkat tertinggi dari esports, kami percaya, pelaku usaha kecil di bidang ini sering kesulitan dalam mendapatkan pendanaan," kata CEO dan Co-founder Misfits Gaming Group, Bent Spoont, menurut laporan The Esports Observer. "Untuk menumbuhkan industri esports, penting untuk mendukung para pengusaha kecil ini. Esports tidak hanya berjalan pada tingkat tertinggi. Perusahaan kecil memiliki ide-ide inovatif yang dapat menantang kita dan menciptakan tool, layanan, dan struktur yang membuat indsutri esports tetap segar dan kompetitif."

Sumber: MICHAL KONKOL/RIOT GAMES via Forbes

MSF.IO menyebutkan, pendanaan ini ditujukan untuk para "inovator" sehingga mereka bisa mengembangkan ide yang akan mengubah industri gaming dan esports. Selain bantuan dana, MSF.IO juga bersedia untuk berbagi pengalaman mereka dalam dunia esports untuk membantu startup yang mereka pilih. Tak hanya itu, mereka juga bisa membantu para startup untuk menjalin hubungan dengan pelaku industri esports dan grup investor lain. Menurut laporan Forbes, untuk program pendanaan ini, Misfits juga dibantu oleh sejumlah penasehat, seperti James Kuhn, Prseident Newmark Knight Frank, perusahaan real estate, Rich Kracum, co-founder Wind Point Partners, perusahaan permodalan swasta, dan Nicola Piggott, co-founder The Story Sob, perusahaan PR esports, yang pernah menjadi pemimpin divisi komunikasi di Riot Games.

Misfits menjadikan MSF.IO sebagai program global, yang berarti semua startup boleh mencoba untuk ikut serta. Lima startup yang terpilih akan bisa mengikuti kelas pada 2020. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk pergi ke markas Misfits Gaming Group di Florida.

MSF.IO bukan satu-satunya program pendanaan yang ditujukan khusus untuk para pelaku esports. Pada pertengahan November lalu, Capital Management, yang merupakan investor dari organsisasi esports 100 Thieves juga menyiapkan US$100 juta untuk diinvestasikan ke perusahaan-perusahaan esports. Sementara bulan lalu, Hiro Capital diluncurkan untuk mendanai startup yang bergerak di bidang game, esports, dan digital sports. Memang, jumlah pihak yang tertarik untuk menjadi investor di bidang esports terus bertambah. Hal ini dianggap sebagai tanda bahwa industri esports semakin matang.

Sumber header: Esports Insider