19 November 2018

by Ayyub Mustofa

Minsitthar, Hero Baru Mobile Legends yang Terinspirasi Raja Myanmar Kuno

Fighter dengan spesialisasi Initiator/Crowd Control, Minsitthar sangat berbahaya dalam teamfight

Perilisan Kimmy dan Leomord di Mobile Legends: Bang Bang beberapa waktu lalu terbukti berhasil membuat meta permainan berubah. Gimmick yang tak biasa—kemampuan menunggang kuda dan penggunaan dual analog—memunculkan gaya permainan baru yang memaksa kita untuk beradaptasi. Dua hero ini bahkan menjadi andalan beberapa tim profesional, sebagaimana dapat kita lihat di babak final kompetisi Level Up! Esports Tournament.

Moonton juga telah merilis hero bernama Harith, sayangnya hero Mage ini tidak (atau belum) menunjukkan dampak besar di permainan. Tapi kini muncul satu lagi hero Mobile Legends yang tampak sangat kuat dan berpotensi mengubah meta. Hero itu bernama Minsitthar.

Sesuai kebiasaan Moonton yang sering menciptakan hero dengan inspirasi budaya lokal, hero baru kali ini pun punya sentuhan tradisional salah satu negara di Asia Tenggara. Tepatnya negara Myanmar di era Dinasti Pagan yang berkisar dari tahun 1084 hingga tahun 1112.

Sejarah Dinasti Pagan mencatat sosok raja bernama Kyansittha, yang dikenal sebagai salah satu raja terhebat seantero Myanmar. Selama 28 tahun kepemimpinan, raja Kyansittha berhasil menciptakan era yang damai serta sejahtera baik dari sisi ekonomi maupun budaya. Kyansittha juga berhasil meredam perpecahan di kerajaannya, bahkan berdamai dengan suku pemberontak Mon karena ia menghormati kebudayaan mereka.

Lukisan raja Kyansittha (kanan) dan anaknya, Yazakumar (kiri) | Sumber: Art of Lwin

Tak hanya pemimpin yang karismatik, raja Kyansittha juga dikenal sebagai petarung yang tangguh. Ketangguhan itu kini lahir kembali dalam diri Minsitthar, hero Fighter dengan spesialisasi Initiator dan Crowd Control. Bersenjata tombak serta mengenakan baju zirah dan tameng yang terbuat dari emas, Minsitthar akan maju ke medan perang dengan penuh wibawa.

Minsitthar memiliki beragam skill yang berguna untuk mengganggu pergerakan musuh, antara lain:

  • All United (Passive). Wibawa Minsitthar menginspirasi seluruh tim. Bila anggota tim membunuh hero lawan, ia akan mendapat ekstra 80 Gold. Sebaliknya, bila Minsitthar membunuh hero lawan, semua anggota tim lainnya mendapat 20 Gold.
  • Spear of Glory. Minsitthar menusukkan tombaknya ke depan, menghasilkan Physical Damage. Kemudian ia menarik musuh pertama yang terkena sasaran tombak, lalu meningkatkan Attack Speed sebanyak 30% selama 2 detik.
  • Shield Assault. Minsitthar memperoleh Shield yang melindungi dirinya dari Physical Attack dan meningkatkan Movement Speed sebanyak 30%. Kemudian dengan tamengnya, ia menghantam musuh dan memberikan efek stun selama 1 detik. Musuh-musuh lain di area sekitar juga akan terdorong mundur.
  • King’s Calling. Jusut ultimate Minsitthar. Sang raja melompat maju ke tengah-tengah musuh, kemudian memanggil empat orang pasukan Royal Guard untuk membantu pertarungan. Setiap Royal Guard memberikan serangan senilai 90% dari Physical Attack Minsitthar. Selama berada di area skill, Minsitthar juga mendapat tambahan 50 Physical Attack, serta 30 Physical dan Magical Defense. Musuh dalam area skill menerima pengurangan Movement Speed dan tidak bisa menggunakan skill bertipe Blink.

Melihat gaya permainan Minsitthar, rasanya seperti persilangan antara Monkey King di Dota 2 dan Omen di Arena of Valor. Tapi tentunya hero ini akan punya nuansa permainan sendiri yang membuatnya unik. Tampaknya Minsitthar akan ahli menjadi solo killer berkat teknik Crowd Control miliknya, tetapi juga bisa menjadi hero semi tank yang kuat di teamfight. Kita lihat saja bagaimana kiprah hero ini setelah dirilis.

Ke depannya Moonton akan terus merilis hero-hero bernuansa budaya mancanegara. Tujuannya agar para gamer Mobile Legends semakin mencintai budaya negerinya sendiri, sambil berkenalan dengan budaya dari negara-negara lain. Dari Indonesia sendiri Mobile Legends punya Gatotkaca yang didesain oleh komikus Is Yuniarto, dan dalam waktu dekat akan merilis Kadita yang terinspirasi dari Nyi Roro Kidul.