Esports Ecosystem

ONIC NV dan EVOS Esports Raih Gelar Juara di Level Up! Esports Tournament

07 Nov 2018 | Ayyub Mustofa
Hero baru Leomord dan Kimmy ternyata jadi andalan yang mengantar ONIC NV menjadi juara

Babak Grand Final kompetisi Level Up! Esports Tournament telah digelar pada tanggal 1 – 4 November lalu. Dalam acara tersebut, 20 tim bersaing untuk memperebutkan gelar dari cabang PUBG Mobile, sedangkan 8 tim lainnya bertarung di cabang Mobile Legends. Kompetisi ini diselenggarakan oleh RevivalTV dan menawarkan hadiah total hingga Rp75.000.000.

Pertandingan Grand Final PUBG Mobile terdiri dari sepuluh ronde, lima ronde di hari pertama dan lima ronde di hari kedua. Sebagian besar pertandingan menggunakan mode Third-Person Perspective (TPP), namun ada juga dua ronde di peta Erangel yang menggunakan mode First-Person Perspective (FPP). Penentuan juara sendiri dilakukan dengan sistem poin sesuai performa tiap tim dalam sepuluh ronde tersebut.

EVOS Esports | PUBG Mobile Champion
EVOS Esports juara PUBG Mobile | Sumber: RevivalTV

Dalam kompetisi ini EVOS Esports tampil dominan. Mereka berhasil meraih dua kali Chicken Dinner di hari pertama, serta satu kali Chicken Dinner di hari kedua. Performa EVOS ketika gagal Chicken Dinner pun cukup baik, misalnya ketika mereka berhasil meraih peringkat tiga di ronde ketujuh. EVOS Esports akhirnya keluar sebagai juara, disusul oleh Bigetron Esports sebagai runner-up dan BOOM.ID yang meraih juara ketiga.

Uniknya, dari 12 tim PUBG Mobile yang masuk Grand Final lewat jalur Open Qualifier, hanya 2 tim yang berhasil masuk peringkat 10 besar, yaitu tim Chiefs (peringkat 6) dan Reine Des Rois (peringkat 9). Mungkin ini menunjukkan bahwa masih ada perbedaan kemampuan yang cukup jauh antara tim-tim PUBG Mobile yang masuk undangan dengan tim-tim lainnya.

Mobile Legends | Kimmy
Kimmy, hero Marksman/Mage yang menakutkan | Sumber: ML Wallpaper

Dari cabang Mobile Legends justru terjadi hal cukup berbeda. Tim ONIV NV yang masuk lewat jalur kualifikasi berhasil jadi juara, mengalahkan tim-tim besar lain termasuk saudaranya sendiri, ONIC Esports yang masuk lewat jalur undangan. ONIC NV juga mengalahkan EVOS Esports yang merupakan unggulan, bahkan tak hanya sekali namun dua kali. Setelah mengirim EVOS Esports ke lower bracket, mereka bertemu lagi di final dengan hasil yang sama.

Beberapa hero yang mengantarkan ONIC NV menuju kemenangan ternyata justru adalah hero-hero yang baru saja dirilis, antara lain Kimmy dan Leomord. Permainan agresif dari ONIC NV membuat EVOS Esports cukup kewalahan, bahkan Leomord sempat mendapat Savage karena membunuh semua hero EVOS Esports di salah satu ronde. EVOS Esports harus puas dengan juara dua, sementara peringkat tiga diraih oleh Aerowolf Roxy.

Meski usia tim ini masih cukup baru, ONIC NV telah menunjukkan bahwa mereka adalah tim kuat yang harus diwaspadai. Sebelumnya ONIC NV juga telah meraih juara dua di Game.ly Online Tournament Season 1 dan juara dua di ajang South East Asia Cyber Arena (SEACA). Dalam wawancaranya dengan RevivalTV, kapten ONIC NV berkata bahwa ke depannya mereka akan berusaha untuk lolos ke Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) Season 3 dan juga Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) berikutnya. Kita doakan saja semoga target tersebut bisa tercapai.

Sumber: RevivalTV 1, 2