19 June 2023

by Daniel Hamiaz

Microsoft Tidak Lagi Keluarkan Game untuk Xbox One

Game yang dimaksud adalah game-game first party yang diproduksi oleh studio internal Xbox

Xbox One merupakan konsol milik Microsoft yang diluncurkan pada tahun 2013. Walaupun popularitas dan penjualannya tidak sebaik konsol PlayStation di kala itu, namun terdapat banyak game menarik yang sempat menjadi game eksklusif Xbox One, seperti Sea of Thieves, Ori and the Will of the Wisps, Gears 5, Halo, dan lainnya.

Di usianya yang menginjak tahun ke-10, Microsoft baru saja mengonfirmasi tentang masa depan dari Xbox One. Dalam sebuah wawancara dengan Axios, Microsoft menyatakan bahwa mereka sepakat untuk berhenti mengembangkan game baru untuk Xbox One.

"Kami telah berpindah ke Gen 9," ungkap Matt Booty selaku kepala Xbox Game Studios.

Microsoft menjelaskan bahwa sebanyak 23 studio internal Xbox akan difokuskan untuk mengembangkan game untuk Xbox Series X|S. Meski tidak akan ada lagi game baru, bukan berarti Microsoft akan benar-benar melepas Xbox One begitu saja.

Mereka akan tetap menyediakan dukungan untuk software dan hardware Xbox One, termasuk dukungan untuk live-service game seperti Minecraft atau cloud gaming. Bahkan Matt mengungkapkan bahwa Xbox Cloud Gaming akan menjadi masa depan dari penggunaan Xbox One.

Selain layanan cloud gaming milik Xbox, sebelumnya Microsoft juga telah menjalin kerja sama dengan NVIDIA untuk memasukkan game PC Xbox ke dalam GeForce Now.

Untuk memperkuat posisi konsol Gen 9 mereka, yaitu Xbox Series X|S, Microsoft telah menyiapkan dan mengumumkan beberapa hal pada Xbox Games Showcase 2023 yang diselenggarakan 11 Juni lalu. Selain berbagai game yang diumumkan, salah satu berita yang paling menarik adalah rencana peluncuran sebuah varian baru dari Xbox Series S dengan memori SSD 1TB yang lebih besar,

Varian ini hadir dengan warna Carbon Black, yang sangat kontras dengan dominasi warna putih yang selama ini identik dengan Xbox Series S.

Selain itu ada juga update mengenai Starfield, sebuah game eksklusif Xbox paling ambisius yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Mengenai Starfield, masih belum ada kejelasan apakah nantinya Starfield akan dirilis juga untuk Xbox One, mengingat pengembangan Starfield yang sudah lama dimulai jauh sebelum pengumuman Microsoft di atas. Namun jika melihat spek dari Starfield yang sangat berat, kecil kemungkinan bahwa game tersebut bakal bisa dimainkan di Xbox One.