Microsoft Minta Saran Anda Demi Meningkatkan Pengalaman Gaming di Windows 10

Kira-kira, fitur apa yang paling Anda inginkan agar pengalaman gaming di Windows 10 jadi lebih baik lagi?

Apapun pendapat Anda mengenai Microsoft, satu fakta tidak bisa dipungkiri: raksasa teknologi asal Redmond tersebut saat ini adalah pemilik platform gaming terbesar di Bumi. Saya tak cuma mengacu pada Xbox, tapi juga PC. Mayoritas gamer PC menggunakan Windows buat menikmati hobi mereka, dan OS itu memungkinkan kita mengakses layanan distribusi digital berbeda, misalnya Steam, Epic Games Store, GOG, dan store punya Microsoft sendiri.

Signifikansi ranah gaming PC juga mendorong perusahaan untuk terus membubuhkan pembaruan terkait gaming di tiap update Windows. Setelah beberapa kali melepas fitur baru, kali ini Microsoft secara lebih terang-terangan meminta masukan dari pemain mengenai apa yang bisa developer lakukan buat meningkatkan pengalaman gaming di Windows 10. Program ini merupakan bagian dari prakarsa Xbox Ideas, yang didukung oleh UserVoice.

Microsoft membagi program pengumpulan saran dalam tiga fase. Pertama adalah pengumpulan ide. Selama periode ini berlangsung, kita dipersilakan buat mengajukan masukan. Periode selanjutnya adalah voting, yang kemudian ditutup dengan evaluasi. Untuk merangsang partisipasi gamer, tim Xbox sudah lebih dulu menyodorkan beberapa gagasan. Saran dari user sendiri perlu melewati proses moderasi agar muncul di sana.

Di sana sudah ada beberapa sampel ide menarik:

  • Ketika game dibuka, Windows seharusnya bisa mendeteksinya dan menonaktifkan app-app atau proses yang tidak dibutuhkan buat menjalankan permainan.
  • Microsoft diminta untuk menciptakan versi Windows yang dikhususkan serta dioptimalkan buat menangani game.
  • Mirip seperti gagasan nomer satu, tetapi fitur yang diinginkan adalah keleluasaan bagi pengguna buat mematikan proses serta aplikasi di background sehingga permainan berjalan lebih lancar.
  • Windows sebaiknya mempersilakan pengguna meluncurkan permainan dengan menggunakan controller, bukan keyboard atau mouse seperti cara standar.
  • OS punya fitur untuk men-stream game dari PC ke console Xbox miliknya.
  • Proses kustomisasi fungsi controller Xbox di PC yang lebih sederhana. Di versi sekarang, prosedurnya terbilang panjang.
  • Windows sebaiknya punya kemampuan mengunduh driver (terutama driver kartu grafis) secara otomatis begitu user menginstal permainan.

Saat ini, saya belum mengetahui secara jelas gagasan-gagasan yang berasal dari tim Xbox dan ide-ide orisinal dari pengguna, tapi sepertinya proses voting sudah mulai berjalan. Belum jelas pula sampai kapan pengumpulan ide ini akan berlangsung, tapi tebakan saya, durasinya dibuat cukup panjang.

Yang terakhir, Microsoft memberitahukan bahwa jika Anda punya ide baru dan gagasan tersebut belum muncul di daftar voting, silakan gunakan search box terlebih dulu untuk melakukan pengecekan sebelum mengajukannya.