Gadget News

Microsoft Akan Singkap Hardware Xbox Ber-Codename Lockhart dan Anaconda di E3 2019?

26 Feb 2019 | Yoga Wisesa
Berdasarkan informasi narasumber: Lockhart adalah Xbox One tanpa optical disc drive, dan Anaconda merupakan versi ramping dari Xbox One X.

Tahun ini, kompetisi antar para console maker jadi sedikit berbeda. Kita tahu, tak lama lagi Microsoft dan Sony akan mengganti hardware current-gen-nya dengan perangkat baru. Namun Sony telah membenarkan ketidakhadirannya di E3 2019, dan itu berarti sorotan akan tertuju ke panggung Microsoft. Tim asal Redmond ini sendiri kabarnya sudah menyiapkan sesuatu buat memeriahkan perhelatan itu.

Berdasarkan laporan sejumlah narasumber pada Thurrott, Microsoft punya rencana untuk mengungkap lebih banyak detail terkait console next generation mereka di E3 2019 Los Angeles. Eksistensi Project Scarlett telah dikonfirmasi oleh bos Xbox Phil Spencer pada pertengahan tahun lalu, kemudian tak lama bermunculan-lah bocoran-bocoran yang mengabarkan bahwa Microsoft berniat buat menyediakan lebih dari satu jenis perangkat.

Microsoft memang belum menyingkap agenda resminya di Electronic Entertainment Expo 2019, tapi ada peluang besar sang produsen akan mengumumkan dua produk anyar di sana, masing-masing memiliki codename Lockhart dan Anaconda. Meski demikian, hardware-hardware tersebut baru akan mulai didistribusikan pada ‘musim gugur’ 2020, dan Microsoft kemungkinkan juga tidak mau buru-buru menginformasikan harganya.

Lockhart dan Anaconda mulai jadi pembicaraan sejak bulan Desember 2018 kemarin. Menurut informasi yang sudah beredar, Lockhart ialah anggota keluarga Scarlett, disajikan tanpa unit optical disc drive agar produk bisa dijajakan ke konsumen di harga lebih murah. Pemangkasan komponen tersebut bisa dipahami karena makin banyak orang lebih mengandalkan metode digital buat mendapatkan konten.

Selanjutnya, Anaconda merupakan versi ramping dari Xbox One X – perangkat yang Microsoft klaim sebagai console paling bertenaga saat ini. Game Halo Infinite yang diumumkan pertengahan tahun lalu disebut-sebut akan menemani peluncuran kedua device tersebut. Tim 343 Industries membangun permainan ketiga di Reclaimer Saga ini berbekal engine baru, dan meraciknya agar aspek cerita dapat beradaptasi terhadap pilihan pemain – mirip RPG.

Pemilik Xbox One sendiri tidak perlu cemas. Game-gamelaunch title‘ buat Lockhart dan Anaconda tetap disediakan untuk perangkat current-gen. Selain hardware, perusahaan juga akan memberi update soal GamePass dan tentu saja mempresentasikan permainan-permainan baru di E3 2019.

Saya pribadi berharap agar apapun produk baru atau console next-gen yang diumumkan Microsoft nanti, mereka juga meluncurkannya secara resmi di lebih banyak negara. Dihitung dari momen peluncurannya, usia Xbox One hampir menginjak enam tahun. Tetapi hingga kini Indonesia belum masuk dalam daftar negara yang memperoleh dukungan layanan Xbox Live secara penuh.

Via GamesIndustry.