29 August 2022

by Glenn Kaonang

Solana Jadi Merek Bir, Tampilkan Puluhan Proyek NFT Terpopulernya

Dinamai Solana Summer Shandy, merek bir ini dibuat untuk merepresentasikan lebih dari 40 proyek NFT yang populer di ekosistem Solana

Perlahan tapi pasti, Solana terus memupuk reputasinya sebagai ekosistem NFT yang tak kalah solid dari Ethereum. Solana pun juga aktif membangun brand awareness; pertama lewat smartphone bernama Solana Saga, dan kedua melalui Solana Spaces, jaringan toko ritel fisik yang sudah membuka cabang pertamanya di sebuah pusat perbelanjaan elit di kota New York. Yang terbaru, Solana juga dijadikan merek bir.

Adalah Solana Summer Shandy, nama merek bir Solana yang dirilis baru-baru ini. Layaknya NFT, minuman beralkohol ini juga dijual dalam jumlah terbatas: total hanya ada 333 pak yang masing-masing berisikan 16 kaleng bir. Setiap paknya diwakili oleh NFT struk pembelian yang dapat ditukarkan dengan produk aslinya, atau dijual lagi di marketplace seperti Magic Eden.

Solana Summer Shandy merupakan produk kreasi

">BarrelDAO, sebuah brewery yang pengelolaannya ditangani oleh komunitas. Menariknya, BarrelDAO tidak mau bir bikinannya ini cuma merepresentasikan brand Solana saja, melainkan juga sederet proyek NFT Solana populer seperti DeGods, Degenerate Ape Academy, Okay Bears, Solana Monkey Business, Thugbirds, Cets on Creck, dan masih banyak lagi.

Kalau Anda amati gambar yang terpampang di kaleng bir Solana Summer Shandy, Anda bakal menemukan avatar dari masing-masing proyek NFT yang saya sebutkan tadi. Berdasarkan laporan Decrypt, secara kolektif BarrelDAO memegang 20 dari semua aset NFT yang terpampang pada gambar, sementara 23 sisanya didapat via persetujuan lisensi dari masing-masing individu yang memegang NFT-nya.

Bagi yang mengikuti perkembangan, Anda pasti tahu kalau ada banyak proyek NFT yang memperbolehkan komunitas pemiliknya untuk memonetisasi asetnya masing-masing. Contoh yang paling gampang adalah Bored Ape Yacht Club, yang sejauh ini sudah digunakan dalam berbagai proyek komersial seperti restoran, minuman, pakaian, video musik, dan masih banyak lagi.

Belakangan, topik seputar NFT dan lisensi komersial juga memicu perdebatan setelah beredar laporan yang mengatakan bahwa membeli NFT tidak otomatis memberikan hak kepemilikan secara penuh.

Saat artikel ini ditulis, Solana Summer Shandy sudah habis terjual. BarrelDAO mematok harga awal sebesar 1,35 SOL (± 600 ribuan rupiah) per pak, namun floor price-nya sejauh ini sudah menembus angka 2,4 SOL (± 1,1 jutaan rupiah).

Bagi yang cuma tertarik dengan artwork-nya, BarrelDAO rupanya juga merilisnya sebagai NFT terpisah sebanyak 410 edisi. Sayang semuanya pun sudah laku dibeli, dan Anda harus menyiapkan dana minimal 1,2 SOL (± 550 ribuan rupiah) untuk meminangnya dari secondary market.