Dark
Light

Merayakan Ulang Tahun Pac-Man Yang Ke-30 Bersama Google

1 min read
May 22, 2010

Kadang-kadang Google itu bikin saya geleng-geleng kepala, seperti misalnya waktu mereka bikin Google Wave, atau waktu mereka tiba-tiba merilis Google Buzz.  Geleng-geleng kepala pengen tahu apa yang ada dalam pikiran mereka saat itu?  Tapi seringkali juga saya pikir bahwa Google itu genius 🙂 Google Maps, Google Chrome dan Google Docs misalnya.

Hari ini, saya nggak hanya berpikir bahwa Google itu jenius, tapi juga keren banget!  Kalau anda belum lihat, silahkan ke Google.com sekarang (kalau sudah lewat tanggalnya tentunya sudah tidak bisa lagi).  Sudah?  Keren nggak?!

Anda kenal dengan Google Doodle? Itu lho kadang-kadang Google mengganti Logonya dengan gambar macem-macem yang kadang-kadang aneh bin ajaib dan nggak ada yang ngerti.  Biasanya gambar-gambar ini dibuat untuk memperingati suatu kejadian yang penting terjadi pada tanggal itu di masa lalu, misalnya tanggal lahir orang terkenal, atau tanggal diciptakannya sesuatu yang penting.

Hari ini, Google Doodle yang dipasang adalah … yup … Pac-Man!  Iya itu permainan retro yang dari jaman baheula 🙂  Nah, kalau cuman gambar Pac-Man doang, saya nggak akan sampai nulis kayak gini,  yang jeniusnya dengan Doodle yang ini adalah, Pac-Man nya bisa dimainkan!!  Alias kita bisa bener-bener main Pac-Man, pake ada suaranya lagi 🙂  Untuk saya pribadi, ini serasa pergi ke masa kecil 🙂  Saya sampai ketawa-ketawa sendiri, apalagi ketika saya berpikir bahwa hari ini di semua tempat di seluruh dunia bakal ada yang main, setiap meja di kantor, di sekolah, di rumah-rumah akan berbunyi ‘krip krip krip’ (pokoknya ngerti lah bunyinya Pac-man) 😀  Yang paling lucu, boss saya yang duduknya di ruang sebelah, laptopnya tiba-tiba berbunyi tapi dia nggak tahu apa sebabnya 🙂  Setelah saya teriaki baru ngerti dia.

Setelah selesai main Pac-Man tersebut (kalah atau menang) anda akan langsung dikirim oleh Google ke halaman hasil pencarian dengan kata kunci “PAC-MAN 30th Anniversary“.  Hal ini supaya kita jelas mengapa Google melakukan ini.

Silahkan dibaca tautan-tautan hasil pencarian ini, menarik untuk disimak, apalagi kalau anda penggemar game retro 🙂

Google, you are genius!  Saya tunggu permainan selanjutanya 🙂

Chris Prakoso

Chris Prakoso is a Software Analyst Programmer and Web Developer, who mainly codes in .NET, Ruby on Rails, and the myriads of other Web Frameworks. He is also a Tech Geek, Seasonal Podcaster and a Coffee drinker, who recently converted to Mac. You can find him haunting the Social Media scenes whenever he has spare-time.

7 Comments

  1. seriously cool! Katanya itu pake implementasi HTML5 + simple Javascript ya? I wouldn't know.

  2. It's using advance Javascript and some Sprite-Images [not using jQuery]
    You can get the source code and make something like it.
    That's all.

    Is that using HTML5? I think not.
    That in-Browser Game actually have been created several years ago,
    but not so good as now.

    If you look up the source code lively [with the Developer Tool]
    The code is blinking / changing every millisecond.

    Hopefully understand.

  3. tapi ide tentang mengkombinasikan doodle sama game, bagi saya tetap jenius…google bisa memanfaatkan berbagai celah dari layanan mereka untuk memberi informasi sambil tetap bersenang-senang 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Punya Tempat Nongkrong Favorit? Citzel-in Dong!

Next Story

Alasan Yang Bagus Untuk Menghapus Account Facebook Anda

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan