17 February 2023

by Lukman Azis

MatePad SE 10.4 Inci Kids Edition Adalah Tablet Huawei Terbaru yang Aman Untuk Anak

Huawei juga berbagi tips agar orang tua dapat memaksimalkan MatePad SE Kids Edition untuk temani tumbuh kembang anak dengan penggunaan aman

Huawei telah meluncurkan MatePad SE 10.4 Inci Kids Edition di Indonesia, tablet aman yang dirancang khusus untuk anak-anak. Dijual dengan harga Rp3.299.000, tablet sahabat anak ini dilengkapi casing pelindung tahan lama, layar 10,4 inci 2K dengan Eye Comfort, aplikasi Kids Corner, serta Parental Assistant untuk membantu orang tua mengawasi dan membatasi penggunaan tablet.

Casingnya didesain khusus agar meminimalisir kerusakan jika terjatuh, desainnya lucu dan juga aman digigit karena bahannya dari food grade. Dilengkapi hand-grip yang multifungsi, yang membuatnya lebih mudah dibawa-bawa dan sekaligus dapat menjadi penyangga yang kokoh dengan berbagai sudut peletakan. Serta dilengkapi stylus pen untuk membantu anak ketika belajar dan mengasah kreativitas.

Pada penjualan perdana tablet anak terbaru Huawei di Indonesia, Huawei berbagi beberapa tips bersama Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Psikolog Anak agar orang tua dapat memaksimalkan penggunaan gadget untuk temani tumbuh kembang anak dengan penggunaan yang aman. Menurut Saskhya, gadget memiliki beragam manfaat dalam memaksimalkan potensi anak.

“Sebagai orang tua, memilih gadget yang aman merupakan hal yang sangat penting. Hal yang harus diperhatikan, tidak hanya dari sisi keamanan desain untuk anak-anak saja, tetapi juga cocok jadi sahabat bermain dan belajar si kecil karena semua fiturnya ramah anak,” ungkapnya.

Saskhya menjelaskan bahwa orang tua perlu memastikan durasi penggunaan gadget sesuai dengan rekomendasi waktu yang dianjurkan oleh APP. Dengan aplikasi parental control, orang tua sangat terbantu dalam mengatur konten yang dapat diakses sesuai dengan usia anak, sehingga selain untuk bermain, tablet ini juga bisa sebagai teman bermain dan belajar yang aman.

Selain screen-time dan penggunaan aplikasi, asisten personal ini bisa membatasi anak dalam mengakses foto dan video tertentu. Jadi, anak tetap nyaman untuk belajar maupun bermain dan orang tua merasa tenang karena dapat mengontrol penggunaan tablet dengan lebih mudah.

Adapun dunia digital yang aman dengan pilihan konten ramah anak yang melimpah di MatePad SE 10.4 Inci Kids Edition disediakan melalui Kids Corner. Fitur ini bisa digunakan untuk membantu mengasah kreativitas anak melalui bermain game, memotret, menggambar, melukis, hingga merekam suara. Kegiatan belajar maupun bermain bagi anak-anak semakin maksimal melalui aplikasi BabyBus dan Azoomee yang menghadirkan konten beragam yang edukatif dan menyenangkan untuk anak-anak.

Untuk memastikan kesehatan mata anak-anak terjaga, layar 2K Eye Comfort pada MatePad SE 10.4 Inci Kids Edition telah mendapatkan sertifikasi ganda TÜV Rheinland, yakni Flicker-Free dan Low Blue-Light. Fitur yang menarik adalah pengingat, jika tablet digunakan anak sambil berbaring, di lingkungan gelap, maupun di mobil yang berguncang, tablet akan secara otomatis mengunci diri sehingga tidak dapat digunakan sampai anak pindah ke lokasi yang lebih kondusif.

Soal spesifikasi, tidak ada perbedaan dengan MatePad SE 10.4 Inci yang sudah dirilis lebih dulu. Tablet ini menjalankan sistem operasi HarmonyOS 3, ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 680, disokong RAM 3GB, dan penyimpanan internal 32GB. Dilengkapi kamera belakang 5MP dan depan 2MP, serta baterainya 5.100 mAh.

Huawei MatePad SE Kids Edition dapat dibeli secara online di Huawei Official Store di Tokopedia, maupun offline melalui Huawei Authorized Experience Store dan erafone. Selama periode first sale, dari tanggal 17 - 28 Februari 2023, konsumen akan mendapatkan gratis Huawei FreeBuds SE (persediaan terbatas), keanggotaan VIP BabyBus selama 3 bulan, dan keanggotaan VIP Azoomee selama 1 tahun dengan total hadiah senilai Rp1.700.000.