2 November 2022

by Lukman Azis

Huawei Umumkan MatePad SE, Tablet Keluarga 2 Jutaan Dengan Chipset Snapdragon 680

MatePad SE dibekali rangkaian fitur yang membuatnya aman digunakan oleh anak-anak dan mudah digunakan bagi para orang tua berusia lanjut.

Huawei telah mengumumkan MatePad SE di Indonesia, tablet keluarga berlayar besar 10,4 inci 2K yang dijual seharga Rp2.799.000. Meski terjangkau, performa tablet yang berjalan di atas HarmonyOS 3.0 ini dapat diandalkan berkat chipset Qualcomm Snapdragon 680 4G yang marak menenagai smartphone kelas menengah.

Sebagai tablet keluarga, MatePad SE dibekali rangkaian fitur yang membuatnya aman digunakan oleh anak-anak dan mudah digunakan bagi para orang tua berusia lanjut. Mulai dari Kids Corner yang dapat mendukung proses belajar dan bermain anak dengan konten yang sesuai usianya.

Para orang tua dapat menyiapkan akun anak untuk melindungi kesehatan mental mereka dan membantu mengembangkan kebiasaan yang baik. Kita dapat menentukan aplikasi mana yang boleh diakses, membatasi waktu penggunaan tablet, mengaktifkan mode perlindungan mata, dan banyak lagi.

MatePad SE juga ramah digunakan untuk orang tua usia lanjut, tablet ini dilengkapi Senior Mode dengan antarmuka yang lebih simpel. Ada fitur aksesibilitas seperti ScreenReader dan font magnification sehingga lebih nyaman saat membaca, lalu ada touch duration adjustment yang memungkinkan menyesuaikan waktu yang dibutuhkan layar untuk merespons saat menyentuh dan menahan sesuatu.

Spesifikasi Huawei MatePad SE

Sekarang mari bahas spesifikasi MatePad SE lebih jauh, tablet ini mengemas layar IPS LCD 10,4 inci dengan resolusi 2K atau 2000×1200 piksel (225 ppi). Aspek rasio yang digunakan 16:9.6 dan rasio layar ke bodi 83%, ketebalan bodinya 7,85 mm dan berat 440 gram.

Layarnya mengantongi sertifikasi ganda TÜV Rheinland Low Blue Light dan Flicker-free untuk kenyamanan dan keamanan mata pengguna. Dilengkapi penyesuaian tingkat kecerahan sampai 4.096 level, serta Eye Comfort, e-Book Mode, dan Dark Mode.

Sebagai perangkat serbaguna, tablet ini tentu sangat asyik untuk kebutuhan multimedia. Huawei memberikan dua speaker dengan teknologi suara Surround Sound Tuned by Histen 8.0 dan fitur smart scene identification.

Dapur pacunya mengandalkan chipset Snapdragon 680, dengan konfigurasi RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Kapasitas baterainya 5.100 mAh, sayangnya tanpa dukungan pengisian daya cepat.

Sistem operasi yang dijalankan HarmonyOS 3 dengan HMS yang datang dengan fitur baru seperti widget stack dan widget group, serta peningkatan multitasking dengan Multi-Window dan App Multiplier. Ekosistem HMS sudah berkembang pesat dan hampir semua aplikasi populer tersedia di AppGallery.

Ketersediaan Huawei MatePad SE

Huawei MatePad SE akan tersedia secara eksklusif mulai 9 November 2022 di Huawei Official Store di berbagai marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dan JD.ID. Huawei memberikan voucher early bird senilai Rp50.000 yang hanya tersedia di platform e-commerce mulai 1 hingga 8 November 2022.

Voucher early bird ini bisa didapatkan di deskripsi produk yang tertera di platform e-commerce, konsumen dapat mulai mengklaimnya dari sekarang dan menggunakan voucher tersebut dari tanggal 9 hingga 12 di Huawei Official Store di Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan JDID untuk setiap pembelian MatePad SE.

Konsumen yang melakukan pembelian Huawei MatePad SE selama periode tersebut akan mendapatkan berbagai hadiah senilai total Rp700.000. Terdiri dari Huawei Flip Cover, gratis berlangganan VIP WeTV selama 6 bulan untuk bebas nonton semua konten tanpa iklan, gratis 3 bulan konten VIP Baby Bus, dan gratis 1 bulan akses paket belajar dari aplikasi Zenius.