11 July 2023

by Daniel Hamiaz

Marvel dan EA Konfirmasi Pengembangan Game Black Panther

Game Black Panther ini akan digarap oleh Cliffhanger Games, studio baru yang bertaburan sosok veteran di industri game

EA memang sudah sejak lama dirumorkan tengah mempersiapkan game-game yang mengangkat Superhero-superhero dari komik Marvel, seperti Iron Man, Wolverine, dan Black Panther. Seiring berjalannya waktu, game-game tersebut satu per satu mulai dikonfirmasi proses pengembangannya.

Dalam rangka merayakan ulang tahun komik Black Panther yang ke-57, EA bersama Marvel Games mengumumkan dimulainya pengembangan game Black Panther. Sama seperti game Iron Man yang telah dikonfirmasi tahun lalu, game Black Panther ini akan mengambil genre single-player, action-adventure, dan third-person yang orisinal.

Selain deskripsi di atas, sayangnya tidak banyak detail yang diungkapkan seperti perkiraan tanggal rilis ataupun dirilis untuk platform mana saja.

Proses pengembangan nantinya akan dikerjakan oleh salah satu studio baru dari EA, Cliffhanger Games, yang dipimpin oleh Kevin Stephens. Ia sebelumnya pernah menggarap game inovatif lain seperti Middle-earth: Shadow of Mordor.

Karena game Black Panther ini diklaim sebagai story-based game, maka tak heran jika nantinya game ini kelak mengambil sedikit banyak inspirasi dari Shadow of Mordor. Selain Kevin, EA juga mengumpulkan banyak developer veteran yang pernah terlibat dalam pembuatan berbagai game ternama, seperti Halo Infinite, God of War, Call of Duty, dan lainnya.

"Kami mendedikasikan game ini kepada para penggemar sebagai sebuah pengalaman bermain sebagai Black Panther yang definitif dan autentik, memberikan mereka lebih banyak kontrol terhadap narasi di dalam sebuah video-game yang bersifat story-driven. Wakanda merupakan sebuah sandbox superhero yang kaya dan misi kami adalah untuk mengantarkan sebuah dunia yang epic kepada para pemain yang mencintai Black Panther," ungkap Kevin Stephens.

"Ini merupakan sebuah kesempatan yang langka untuk bisa membentuk sebuah tim yang baru dengan nilai-nilai keberagaman, kolaborasi, dan pemberdayaan. Kami ingin game kami memampukan pemain untuk merasakan bagaimana rasanya mengenakan mantel Black Panther dan kami berharap Cliffhanger Games untuk memberdayakan semua orang di dalam tim kami demi mewujudkan dunia yang luar biasa ini menjadi kenyataan," lanjutnya.

EA sendiri juga masih membuka perekrutan untuk mengembangkan game ini, sehingga dapat dipastikan versi utuhnya baru bisa dinikmati dalam beberapa tahun mendatang.

Dengan bantuan Marvel Games, pengembang berharap bisa menangkap dan merealisasikan setiap aspek dari Wakanda, baik teknologinya dan para pahlawannya, untuk dipadukan dengan sebuah cerita yang orisinal.