3 February 2022

by Glenn Kaonang

Pencipta Seri Game Worms Batalkan Peluncuran Proyek NFT Sehari Setelah Umumkan Rencananya

Rencana peluncuran proyek NFT Team17 disambut reaksi negatif dari publik sekaligus studio-studio di bawahnya

Terlepas dari hype-nya yang begitu besar, mengadopsi NFT di industri gaming bukanlah pekerjaan mudah. Lihat saja Ubisoft, yang diserbu reaksi negatif pasca peluncuran platform NFT-nya, Quartz. Kemudian ada pula GSC Game World, pengembang game Stalker 2 yang membatalkan peluncuran NFT-nya hanya sehari setelah mengumumkan rencananya.

Kejadian serupa kembali terulang, kali ini dari kubu developer dan publisher asal Inggris, Team17. Pada tanggal 1 Februari kemarin, pencipta seri game Worms tersebut mengumumkan proyek bernama MetaWorms NFT, yang merupakan hasil kolaborasinya bersama pengembang game NFT Reality Gaming Group. Namun hanya sehari berselang, Team17 langsung mengumumkan pembatalannya.

"Team17 hari ini mengumumkan akhir dari proyek MetaWorms NFT. Kami telah mendengarkan para Teamsters, mitra pengembangan, dan komunitas game kami, dan kekhawatiran yang mereka ungkapkan, dan oleh karena itu kami mengambil keputusan untuk mundur dari ranah NFT," tulis akun Twitter Team17.

Tangkapan layar di situs MetaWorms NFT / Team17

Di samping bertanggung jawab atas pengembangan seri game Worms, Team17 juga dikenal sebagai publisher dari sejumlah game indie populer macam Overcooked dan Going Under. Namun pengembang kedua game tersebut, Ghost Town Games (Overcooked) dan Aggro Crab (Going Under), rupanya sama sekali tidak setuju dengan rencana Team17 untuk ikut meramaikan tren NFT dan metaverse.

"Kami di Ghost Town Games cuma ingin memastikan kepada Anda bahwa Overcooked (dan semua game kami ke depannya) tidak akan pernah terlibat dengan NFT. Kami tidak mendukung NFT. Menurut kami NFT membawa ongkos lingkungan dan sosial yang kelewat besar," tulis akun Twitter Overcooked.

Akun Twitter Aggro Crab di sisi lain malah mengungkapkan sentimen yang serupa, namun dengan nada sekaligus kata-kata yang lebih kasar. Meski demikian, kedua studio indie tersebut sama-sama mengingatkan publik agar bisa menyampaikan keluhannya secara beradab dan tidak langsung menyerang karyawan-karyawan Team17 secara personal maupun tim-tim developer di bawahnya.

Posting tim Aggro Crab juga menunjukkan bahwa keputusan Team17 terkait rencana NFT-nya itu sepertinya tidak didiskusikan dengan mitra-mitranya terlebih dulu. Ini semakin memperkuat indikasi bahwa, selain memicu reaksi yang terpolarisasi di kalangan gamer, NFT rupanya juga memicu perdebatan yang cukup sengit di kalangan internal developer maupun publisher game.

Sumber: PC Gamer.