6 March 2022

by Daniel Hamiaz

Panduan, Tips, dan Trik Menggunakan Map Genshin Impact

Peta interaktif merupakan salah satu Tools resmi dari HoYoverse yang sangat bermanfaat untuk memudahkan pemain mencari item tertentu.

Eksplorasi merupakan salah satu faktor terpenting saat bermain Genshin Impact. Pemain bisa berpetualang di dunia Teyvat sebebas-bebasnya, dan menemukan banyak hal yang akan meningkatkan pengalaman bermain secara maksimal.

Namun HoYoverse mengerti bahwa peta di Genshin Impact sangatlah luas dan tidak semua pemain memiliki waktu untuk menjelajahi semuanya, tanpa adanya panduan. Maka dari itu, mereka merilis sebuah peta interaktif untuk Genshin Impact, yang diharapkan akan membantu para Traveler dalam bertualang.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai cara memakai peta interaktif di Genshin Impact tersebut:

1. Login

Untuk menggunakan peta interaktif di Genshin Impact, sebenarnya Anda tidak perlu melakukan Login. Login berfungsi untuk menyimpan data pin dan rute (no. 6&7) masing-masing pemain. Anda juga dapat mengakses rute populer yang tersedia di peta ini, jika melakukan Login.

2. Bahasa

Anda bisa memilih bahasa yang akan digunakan di Peta ini. Bahasa Indonesia juga tersedia di sini.

3. Lokasi

Saat ditekan, Anda akan mendapatkan daftar lokasi spesifik di peta Teyvat, dan akan langsung diarahkan ke lokasi tersebut.

4. Zoom

Tombol ini berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil peta. Shortcut untuk melakukan hal tersebut juga dapat dilakukan dengan melakukan scroll up/down.

5.Negara / Daerah Khusus

Bagian ini akan memberikan navigasi peta berdasarkan negara yang diinginkan. Sampai versi 2.5, negara atau daerah khusus yang tersedia meliputi Mondstadt, Liyue, Dragonspine, Inazuma, dan Enkanomiya. Peta event juga ditampilkan di sini, contohnya adalah peta perjamuan tiga gerbang dunia.

6. Pin Baru

Fitur ini akan memungkinkan pemain untuk membuat pin/tanda mereka sendiri. Pin tambahan ini akan sangat membantu, jika pin ingame Anda menyentuh jumlah maksimal.

Sama seperti pin ingame, pemain dapat menentukan kategori, nama, deskripsi, serta lambang pin ini. Yang berbeda dengan pin ingame adalah Anda bisa menggunakan bermacam-macam lambang ikon lain, yang tidak ada di dalam game. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan gambar atau screenshot ke dalam pin tersebut.

7. Buat Rute

Pemain dapat membuat rute sesuai yang mereka inginkan. Untuk membuat rute, pemain cukup melakukan klik kiri ke sebuah pin atau ikon di peta, lalu  hubungkan sampai rute yang diinginkan selesai.

8. Pin Observasi

Bagian ini merupakan bagian terbesar di peta ini. Di kolom ini, Anda dapat mendapatkan informasi mengenai lokasi berbagai item di peta ini. Anda dapat melihat seluruh chest, teka-teki, Oculus, setiap jenis musuh dan boss, produk khas daerah, Shrine of Depths, hewan, ikan, material, batuan, hingga Quest.

9. Pinku

Tombol pinku memiliki beberapa fungsi yang berbeda. Di sini, Anda dapat melakukan sinkronisasi pin dari dalam game, ke dalam peta interaktif. Hasil dari Pin Baru dan Buat Rute (no. 6&7) akan tersimpan di bagian ini.

Selain itu, Anda dapat mengakses berbagai rute populer yang tersedia di peta ini. Contohnya adalah rute panen Dandelion Seed atau Small Lamp Grass.

10. Pencarian

Selain mencari melalui pin observasi, pemain juga dapat mencari obyek yang diinginkan dengan memasukkan nama barang tersebut. Pastikan bahwa barang yang dicari sesuai dengan bahasa yang dipilih. Jika Anda terbiasa menggunakan Bahasa Inggris, maka Anda bisa mengganti bahasa terlebih dahulu sebelum melakukan pencarian.

11. Hapus

Saat ditekan, seluruh pin observasi akan dihapus. Tombol ini sangat berguna untuk memulai pencarian dari awal.

sumber: Genshin Impact

Manfaat Map Interaktif Genshin Impact

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh peta interaktif ini:

  1. Memudahkan pemain untuk mencari dan mengatur rute pencarian sebuah item tertentu.

  2. Mencari item tertentu tanpa memberikan spoiler terlalu banyak mengenai suatu lokasi. Hal seperti ini biasa ditemukan saat sebuah daerah baru dimasukkan ke dalam game.

  3. Saat sebuah daerah baru pertama kali dirilis, peta ini biasanya akan langsung mendapatkan update di hari yang sama. Hal ini akan bermanfaat apabila belum tersedia banyak panduan yang tersedia di internet, namun pemain ingin menyelesaikan daerah tertentu dengan cepat.

  4. Peta ini akan memberikan setiap jenis barang, bahkan barang yang lokasi, rute, atau panduannya sulit ditemukan di internet.

  5. Selain lokasi, peta ini juga memberikan screenshot tempat barang tertentu. Anda hanya perlu mengklik barang tersebut, lalu akan muncul gambar atau GIF singkat, mengenai lokasi benda tersebut.

Hal-hal yang tidak dapat dilakukan:

Berikut ini hal-hal yang tidak dapat dilakukan dengan peta interaktif Genshin Impact ini:

  1. Peta interaktif ini hanya memberikan lokasi, namun tidak memberikan informasi, apakah item yang sedang dicari benar-benar ada atau tidak di dunia Anda. Sebagai informasi, masing-masing item memiliki waktu respawn mereka masing-masing. Waktu respawn tersebut bermacam-macam, mulai dari satu hingga tiga hari sejak item tersebut diambil.

  2. Tidak semua item memiliki screenshot ataupun gambar GIF. Biasanya item tersebut terlibat dengan Quest tertentu, atau memerlukan Quest tertentu untuk diakses. Selain Quest, item tersebut mungkin juga memerlukan teka-teki untuk didapatkan.

  3. Karena bersifat 2D, peta hanya akan memberikan informasi mengenai lokasi sebuah item. Peta ini tidak memberikan informasi mengenai cara pemain untuk mencapai lokasi tersebut, semisal di bawah tanah, bawah laut, atau di dalam gua.

  4. Di peta ini, pemain tidak diberikan rute optimal atau rute tercepat mengenai sebuah item. Jika memerlukan sebuah barang dalam waktu yang singkat, pemain dapat mencari video di YouTube. Berikut ini salah satu rute Crystal Chunk:

  1. Walaupun peta interaktif ini merupakan tools resmi dari HoYoverse, peta ini tidak terintegrasi dengan inventory pemain yang ada di game. Sebagai informasi, HoYoverse juga memiliki Enhancement Progression Calculator yang dapat menghitung jumlah material yang dibutuhkan semua karakter di Genshin Impact, seperti Raiden Shogun, Kokomi, Ganyu, atau Zhongli. Pemain harus menghitung sendiri untuk menentukan berapa selisih dari item yang dimiliki dan item yang dibutuhkan.

Sumber header: Genshin Impact