6 March 2022

by Galih

Lost Ark Hukum Lebih Dari Satu Juta Akun yang Gunakan Bot

Gelombang ban ini menjadi salah satu yang terbesar dalam sejarah game online.

Salah satu masalah utama dari sebuah game online, apalagi untuk yang berstatus free-to-play adalah kehadiran pemain curang. Para pemain ini terus berusaha mengeksploitasi beragam hal dalam game-nya.

Kesigapan dan ketegasan dari developer memang sangat dibutuhkan dalam kasus seperti. Terutama untuk menjaga para pemain lain agar tidak terganggu dengan ulah para bot ini.

Untungnya, developer Smilegate dan Amazon Game Studios  memahami popularitas masif dari game-nya yang satu ini, Lost Ark. Sehingga hanya satu bulan setelah peluncuran game-nya, Lost Ark telah membuat salah satu 'gelombang ban' terbesar yang ada dalam sejarah game online.

Smilegate mengatakan bahwa mereka berhasil menjatuhkan ban ke lebih dari satu juta akun yang ketahuan menggunakan bot. Gilanya, penghukuman masal tersebut dilakukan dalam satu hari saja.

Smilegate juga telah berjaga-jaga bahwa ada kemungkinan sejumlah kecil pemain yang salah diidentifikasi sebagai bot. Mereka pun menyiapkan berbagai macam langkah untuk mencegah hal tersebut.

Namun bila hal tersebut terjadi, pemain tetap dapat mengembalikan akun mereka dengan cara mengirimkan tiket ke website dukungan layanan mereka.

Bot memang menjadi salah satu masalah utama yang dikeluhkan oleh para pemain Lost Ark. Banyak pemain yang melaporkan mereka sangat sering melihat akun bot berkeliaran dalam server game-nya.

Yang membuat para pemain ini geram adalah akun-akun bot ini memiliki kemampuan 'curang' seperti super speed, super attack speed, dan bahkan bisa berteleportasi secara instan di dalam map.

Sebenarnya bot-bot ini tidak mengganggu para pemain secara langsung namun, dengan berbagai 'hack' yang mereka lakukan, akun bot ini dapat memanen emas dengan cepat, emas tersebut nantinya akan dijual menjadi uang dan membuat akun tersebut dapat kaya dengan cepat.

Belum lagi kehadiran bot-bot ini juga membuat server game-nya menjadi penuh. Hal tersebut membuat antrian masuk ke dalam game-nya menjadi panjang, dan menghambat para pemain sungguhan yang ingin masuk ke dalam game-nya.

Ke depannya, developer Smilegate mengatkaan bahwa mereka akan terus mengembangkan alat pendeteksi dan penghukum bagi para bot, cheater, dan bahkan pemain yang berperilaku tidak baik dalam game-nya.