Gadget News

Mad Catz Luncurkan Lightweight Gaming Mouse Pertamanya, M.O.J.O. M1

20 Nov 2020 | Glenn Kaonang
Lebih mirip helm sepeda ketimbang sarang lebah

Satu demi satu produsen periferal secara bergantian ikut ambil bagian dalam meramaikan tren mouse gaming berbobot ringan. Setelah Steelseries dan Logitech, kini giliran Mad Catz yang memperkenalkan lightweight mouse perdananya: M.O.J.O. M1.

Melihat penampilannya, tersirat jelas DNA Mad Catz yang selama ini selalu diasosiasikan dengan gaya visual yang ekstrem. Seperti kebanyakan produsen lain, Mad Catz juga memanfaatkan desain bolong-bolong guna memangkas bobot mouse secara signifikan. Bedanya, setidaknya desain yang diadopsi Mad Catz tidak membuat geger para pengidap trypophobia.

Dengan bobot 70 gram, M.O.J.O. M1 bukanlah mouse gaming yang paling ringan. Titel tersebut sejauh ini dipegang oleh Cooler Master MM720 yang berbobot cuma 49 gram. Kendati demikian, 70 gram tetap termasuk enteng dan bisa bersaing dengan mouse lain di kategori ini, yang kebanyakan mempunyai bobot di kisaran 60 gram ke atas.

Mad Catz merancang mouse ini untuk pengguna tangan kanan yang terbiasa menggenggam dengan teknik palm grip ataupun claw grip. Supaya tidak menghambat manuver-manuver cepat penggunanya, M.O.J.O. M1 turut dibekali kabel paracord sepanjang 1,8 meter yang amat fleksibel.

M.O.J.O. M1 juga merupakan mouse pertama yang menggunakan switch Dakota besutan Mad Catz sendiri. Secara teknis, switch ini masih masuk kategori switch mekanis, akan tetapi Mad Catz turut membekalinya dengan teknologi pendeteksi sinyal yang cukup advanced guna mengeliminasi efek bouncing maupun debouncing yang umum menjangkiti switch mekanis dan kerap berakibat pada penurunan responsivitas.

Hasilnya adalah switch yang, kalau menurut Mad Catz sendiri, 60% lebih responsif ketimbang switch mekanis tradisional. Terkait ketahanannya, Mad Catz bilang switch Dakota ini bisa tetap beroperasi secara normal hingga 60 juta kali klik. Responsivitas itu semakin dimatangkan berkat penggunaan sensor PixArt PMW3360 yang mempunyai sensitivitas maksimum 12.000 DPI dan kecepatan tracking 250 IPS.

Tentu saja semuanya tidak akan lengkap tanpa pencahayaan RGB, dan Mad Catz pastinya tidak lupa soal itu. Mad Catz M.O.J.O. M1 rencananya bakal mulai dipasarkan pada akhir November 2020 ini, tapi sayang banderol harga resminya masih belum diketahui.

Sumber: PC Gamer dan Mad Catz.