10 November 2022

by Glenn Kaonang

LINE NEXT Resmikan Marketplace NFT DOSI

Marketplace NFT DOSI juga menawarkan program keanggotaan dengan hadiah berupa kesempatan untuk memenangkan aset NFT blue-chip

Setelah ditunggu-tunggu, LINE NEXT (divisi khusus Web3 milik LINE) akhirnya resmi meluncurkan fitur marketplace pada platform NFT globalnya, DOSI. Kabar ini datang hampir setahun sejak LINE pertama kali mengumumkan rencananya untuk meluncurkan layanan NFT di tahun 2022, dengan tujuan untuk memfasilitasi kegiatan jual-beli antar perusahaan maupun individu.

Marketplace NFT DOSI ini hadir untuk mengakomodasi pasar NFT global, terkecuali di satu negara, yaitu Jepang. Khusus di kampung halamannya sendiri itu, LINE punya platform dan marketplace lain bernama LINE NFT yang diluncurkan pada bulan April lalu.

Menurut LINE, salah satu hal yang paling mereka unggulkan di marketplace NFT DOSI adalah terkait kemudahan transaksi. Pengguna dapat mendaftar akun DOSI Wallet dan login memakai akun media sosial seperti Facebook, Google, dan tentu saja LINE.

Setelahnya, ketika akun DOSI Wallet sudah dihubungkan dengan crypto wallet MetaMask, pengguna bisa langsung membeli atau menjual aset-aset NFT dalam beberapa klik saja. Soal pembayaran, selain menggunakan Ether (ETH), pengguna juga bisa memakai kartu kredit maupun layanan seperti Naver Pay di marketplace NFT DOSI. Ke depannya, LINE NEXT berniat untuk menambahkan lebih banyak dukungan aset crypto beserta layanan pembayaran mobile yang ada di masing-masing negara.

Bersamaan dengan peluncuran marketplace NFT DOSI, LINE NEXT turut memperkenalkan program keanggotaan bernama DOSI Citizen. Di samping mendapatkan aset NFT eksklusif, member DOSI Citizen juga bakal diberi kesempatan untuk mengikuti undian dengan hadiah berupa NFT 'blue-chip' macam Bored Ape Yacht Club, World of Women, maupun DeadFellaz.

Sejak versi beta DOSI diluncurkan pada bulan September kemarin, LINE mengklaim platformnya sudah berhasil menggaet pengguna dari 149 negara yang berbeda. Tercatat sudah ada lebih dari 100.000 akun DOSI Wallet yang terdaftar, dengan sekitar 170.000 NFT keanggotaan.

Dari segi konten sendiri, DOSI sejauh ini sudah menjual lima koleksi NFT, termasuk koleksi NFT Hellbound yang dibuat berdasarkan seri webtoon populer berjudul sama. Jumlah dan variasinya sendiri dipastikan bakal terus bertambah ke depannya, apalagi mengingat LINE NEXT sebelumnya sudah menjalin kemitraan dengan seabrek perusahaan lain untuk mengerjakan proyek-proyek NFT.

Sumber: TechCrunch dan LINE.