23 April 2022

by Adi Nawan

LINE Resmi Luncurkan Lokapasar NFT untuk Wilayah Jepang

Ada 40.000 NFT di dalamnya, mulai dari video hingga anime.

Meskipun masih menjadi pro dan kontra, namun perkembangan aset digital NFT (Non-fungible token) memang menjadi daya tarik baru bagi berbagai pihak. Salah satu yang akhirnya juga ikut masuk adalah aplikasi LINE.

Aplikasi perpesanan dana jejaring sosial asal Jepang ini secara resmi meluncurkan pasar NFT barunya yang disebut LINE NFT. Pasar NFT ini dipegang oleh LVC Corporation yang merupakan operator bisnis blockchain dan aset kripto milik LINE.

Melalui siaran persnya, LVC Corp. secara resmi beroperasi sejak Rabu 14 April 2022 lalu. Untuk awalnya, pasar NFT ini hanya akan tersedia untuk wilayah Jepang saja.

Lalu aset NFT apa saja yang nantinya akan dijual dalam pasar LINE NFT ini? pihak LVC Corp. menyebutkan ada puluhan ribu produk yang akan dijual seperti video hingga serial anime.

Image Credit: LINE NFT

"Mulai hari ini, LINE NFT akan menawarkan sekitar 40.000 produk NFT untuk diperjualkan, termasuk Yoshimoto NFT Theater," tulis keterangan resmi yang dirilis oleh LINE.

Yoshimoto Kogyo adalah pelawak papan atas di Jepang yang menciptakan beberapa klip khusus untuk NFT. Selain itu ada juga seni diorama dari serial anime klasik Patlabor Mobile Police yang diciptakan khusus sebagai perayaan ulang tahun ke-30 animasi ini.

Selain itu, karakter-karakter populer seperti Gyuunyuu, Usagyuuun! dan Betakkuma juga akan menyediakan aset digital khusus NFT-nya di LINE NFT. LVC Corp. juga berjanji bahwa akan lebih banyak NFT dari berbagai genre akan ditawarkan di kemudian hari.

Para pengguna LINE NFT nantinya dapat menyimpan koleksi NFT-nya dalam dompet digital bernama BITMAX yang ada di dalam aplikasi LINE. Bitmax sendiri merupakan tempat pertukaran mata uang kripto yang telah diluncurkan oleh LINE pada September 2019 lalu.

Selain membeli, 90 juta pengguna LINE yang ada di Jepang nantinya juga dapat mengirimkan atau menukarkan NFT yang dimiliki dengan teman-teman mereka yang ada di LINE.

LINE NFT sendiri hanya satu dari banyak proyek yang akan dibuat LVC Corp. Dalam pengembangannya, LVC Corp. menekankan konsep "LINE Blockchain Dirancang untuk Semua Orang".

Sehingga ke depannya mereka ingin mengembangkan teknologi blockchain lainnya yang dapat diterapkan secara praktisditerapkan secara praktis untuk kehidupan sehari-hari penggunanya.