6 February 2023

by Lukman Azis

Lensa Zoom Standar Terbaru Sony FE 20-70mm F4 G Cocok Untuk Produksi Video, Harga Rp16.999.000

Lensa serbaguna ini menawarkan focal length ultra-wide 20mm hingga telephoto menengah 70mm dengan aperture F4 konstan di seluruh rentang zoom

Sony telah meluncurkan lensa zoom standar baru untuk kamera full frame di Indonesia, yakni FE 20-70mm F4 G. Hadir dengan rentang focal length ultra-wide 20mm hingga telephoto menengah 70mm dengan aperture F4 konstan di seluruh rentang zoom, keserbagunaan lensa ini sangat cocok untuk menunjang produksi video termasuk untuk berbagai tipe content creator.

Tak seperti lensa zoom standar lawas, lensa FE 20-70mm F4 G memiliki dimensi yang ringkas dan ringan, yakni 78,7x99 mm, bobotnya 488 gram, dan punya diameter filter 72 mm. Sangat cocok dipasangkan ke bodi kamera Sony A7C, apalagi dengan Sony A7 III atau IV.

Lensa ini dilengkapi cincin fokus, zoom, dan aperture independen. Serta ada tombol untuk beralih AF ke manual fokus dan dua tombol penahan fokus, semua itu diberikan untuk kontrol penuh ketika memotret maupun merekam video. Desainnya sudah tahan debu dan kelembapan, dengan elemen lensa depan berlapis fluorin yang dapat menahan sidik jari, debu, air, minyak, dan kontaminan lainnya.

Koji Sekiguchi, President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, “Dengan diperkenalkannya FE 20-70mm F4 G, kategori lensa zoom standar telah ditingkatkan. Lensa dengan konsep baru ini memiliki rentang zoom ultra-wide yang luar biasa dari 20 mm hingga 70 mm untuk memastikan keserbagunaan yang sesungguhnya, dirancang dengan sempurna untuk kreator foto dan video dengan gambar yang canggih dan pengoperasian tingkat tinggi.

Sony FE 20-70mm F4 G ini menawarkan kualitas gambar G Lens yang unik dengan dua elemen AA (advanced aspherical), satu elemen aspherical, tiga elemen kaca ED (Extra-low Dispersion), dan satu elemen ED aspherical. Desain optik yang canggih pada lensa ini dapat mengoreksi aberasi kromatik dan spherical secara bersamaan untuk performa optik yang tinggi di seluruh rentang zoom.

Lapisan lensa yang telah dioptimalkan juga menambah ketahanan terhadap flare dan ghost. Bokeh yang memukau dapat diperoleh berkat aperture melingkar 9 bilah. Jarak pemfokusan minimumnya 0,3 meter pada ujung lebar dan 0,25 meter pada ujung telephoto apabila menggunakan AF. Pembesaran maksimumnya 0,39x untuk close-up yang dinamis dan detail.

Untuk pemfokusan, kelompok fokus lensa digerakkan oleh dua XD Liner Motors terbaru Sony yang memberikan tenaga besar untuk fokus yang cepat, senyap, dan rendah getaran. Efisien tenaga menghasilkan peningkatan kecepatan AF hingga 60% dan performa pelacakan ditingkatkan sekitar dua kali lipat dibandingkan model sebelumnya.

Berguna saat pengguna mengambil foto beruntun subjek yang bergerak dan dapat merekam dengan halus saat merekam video pada frame rate tinggi. Focus breathing juga berkurang dan pengoperasiannya senyap untuk mendukung perekaman video berkat XD liner motors dan unit aperture baru yang dapat mengurangi kebisingan dan getaran secara signifikan. Liner Response MF juga memastikan bahwa cincin fokus merespons secara langsung untuk kontrol yang halus saat melakukan pemfokusan secara manual.

Lensa zoom standar terbaru Sony ini akan tersedia di Indonesia pada bulan Maret 2023. Harga Sony FE 20-70mm F4 G dibanderol Rp16.999.000. Pembelian secara pre-order dapat dilakukan mulai tanggal 3 hingga 19 Februari 2023 di berbagai Sony authorize dealers dengan bonus spesial lens bag.