League of Legends Esports Kerja Sama Dengan Getty Images Hingga 2024

Getty Images menjadi official partner yang bertugas mengatur permintaan lisensi dan tajuk rencana dokumentasi fotografi League of Legends Esports.

Riot Games mengumumkan Getty Images sebagai salah satu Official Partner bagi inisiatif esports global League of Legends hingga tahun 2024. Dalam kerja sama ini, Getty Images akan bertindak sebagai Official Partner dalam bidang dokumentasi dan distribusi foto gelaran esports League of Legends global.

Sebagai bagian dari perjanjian, Getty Images juga akan mengelola permintaan lisensi serta mengatur tajuk rencana dokumentasi fotografi untuk gelaran League of Legends World Championship, Mid-Season Invitational, dan All-Star Event. Kerja sama ini akan segera dilakukan mulai dari League of Legends World Championship 2020 yang dikabarkan akan terselenggara di Tiongkok sekitar bulan Oktober 2020 mendatang dengan menggunakan “Bubble System”.

Selama ini, dokumentasi foto dari League of Legends Esports selalu menjadi salah satu yang terbaik. | Sumber: RIOT GAMES/COLIN YOUNG-WOLFL

Terkait kerja sama ini, Naz Aletaha selaku Head of Global Esports Partnership dari Riot Games mengatakan kepada Esports Insider. “Kami sudah memasuki dekade kedua untuk League of Legends Esports, dan melakukan partnership dengan industry leaders di bidang lain membantu kami mengembangkan serta mengamplifikasi League of Legends Esports secara lebih jauh. Getty Images telah menjadi sumber utama untuk fotografi olahraga selama lebih dari 25 tahun, dan kami gembira sekali bisa melihat hasil fotografi League of Legends berada di dalam koleksi Getty Images, dan bersanding dengan momen acara-acara terbaik, entah itu hiburan, musik, atau olahraga.”

Carmin Romanelli, Global Vice President of Sport Business Development dari Getty Images menambahkan. “Kami bangga menjadi rekan League of Legends Esports, dan menjadi bagian dari usaha untuk membawa konten berkualitas tersebut kepada khalayak global. Seiring dengan perkembangan esports yang sangat cepat, Getty Images secara unik melakukan kerja sama dengan para publisher game juga esports league demi dapat meningkatkan keahlian kami dalam hal kreasi, distribusi, dan manajemen konten visual untuk media, badan pemerintahan, dan ekosistem vital dari commercial partner serta pemberi lisensi yang mendukung mereka.”

Getty Images, perusahaan ternamad di bidang kreasi dan pengelolaan hasil karya fotografi. Sumber: Office Snapshots

Posisi League of Legends Esports sebagai liga esports kasta satu sudah hampir tak bisa dipungkiri lagi. Bukti atas hal ini adalah posisi League of Legends sebagai liga esports dengan dampak terbesar kepada ekosistem, dan bahkan memberi dampak ekonomi mencapai 76 miliar Rupiah kepada kota Detroit, pada tahun 2019 lalu.

Tidak heran, banyak sponsor hinggap, dan ingin melakukan kerja sama dengan League of Legends Esports. Sebagai bentuk kerja sama langsung, ada Mastercard dan Alienware, yang pada bulan Mei 2020 lalu mengumumkan diri sebagai pengisi perdana media sponsorship baru League of Legends Esports, yaitu Summoner’s Rift Arena Banners. Lalu sebagai bentuk kerja sama tidak langsung, kita bisa melihat bagaimana klub sepak bola termasyhur seperti Paris Saint-Germain sampai menggandeng Talon Esports untuk masuk liga LoL Asia Pasifik, demi melebarkan pengaruh mereka di dalam komunitas game.