Dark
Light

Layanan Pesan Google Resmi Bernama Hangouts

by
1 min read
May 16, 2013

Bersamaan dengan pengumuman pembaruan dari berbagai layanan di Google+, ada satu layanan yang rumornya telah beredar jauh-jauh hari akhirnya diumumkan Google.

Layanan pesan terpusat yang sempat dirumorkan bernama Babel, akhirnya diluncurkan dengan nama Hangouts. Layanan ini menggantikan layanan pesan Google sebelumnya dan menjadi satu tempat untuk layanan pesan milik Google. Menjadi aplikasi mandiri dan menghadirkan fasilitas untuk berkomunikasi lewat teks, foto, live video yang bisa diakses dari berbagai perangkat, termasuk Android, iOS serta web (Chrome). Serta menjadi bagian dari Gmail dan Google+.

Beberapa fasilitas yang ditonjolkan dari Hangouts ini, seperti yang dikutip dari blog resmi antara lain, pesan yang dikirimkan akan tampil lebih kaya serta lebih reponsif, ada pula fitur ‘history’ untuk menyimpan percakapan yang telah lalu, fasilitas panggilan video, baik untuk personal atau grup.

Satu fitur ‘sederhana’ namun bisa jadi penting bagi beberapa orang adalah yang berhubungan dengan notifikasi. Layanan ini akan mengatur notifikasi di berbagai perangkat. Jadi ketika Anda telah melihat notifokasi di satu perangkat, maka Google akan menghilangkan notifikasi di perangkat lainnya. Anda bisa pula untuk ‘snooze’ notifikasi ini jika ingin tidak diganggu.

Hangouts akan bersaing dengan berbagai aplikasi atau layanan pesan yang telah ada, apalagi aplikasi ini menjadi aplikasi terpisah dari layanan Google lainnya (meski tetap menjadi bagian layanan pesan di Gmail dan Google+). Meski demikian keuntungan utama layanan ini bisa jadi adalah Google sendiri. Mereka yang telah menggunakan berbagai layanan Google akan melihatnya sebagai pelengkap dari berbagai layanan yang telah ada di Google. Di sisi lain, perkembangan ini juga bisa menjadi ‘jawaban’ atas berbagai layanan pesan Google yang akhirnya hadir dalam satu aplikasi.

Untuk aplikasi sendiri, Hangouts tersedia di App Store, Google Play Store serta untuk web tersedia lewat Chrome App Store. Sedangkan akses dari layanan Google lainnya, Hangout tetap menjadi layanan pesan dari Gmail, dan Google+.

Apakah Anda tertarik untuk mengunduh dan menggunakan layanan pesan dari Google ini? Berikan pendapat Anda pada kolom komentar.

Sumber tambahan artikel dari TheVerge

Previous Story

Google Umumkan Tampilan Baru Untuk Versi Web Google+ serta Sediakan Fasilitas Peningkatan Fitur Foto

Next Story

Toko Online Khusus Produk Kesehatan, SendnPay, Andalkan Cash-On-Delivery

Latest from Blog

Don't Miss

Chromebook Makin Cerdas dengan Sentuhan AI dari Google

Google tengah gencar mengintegrasikan fitur-fitur berbasis Artificial Intelligence (AI) ke
5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi