Dark
Light

Google Umumkan Tampilan Baru Untuk Versi Web Google+ serta Sediakan Fasilitas Peningkatan Fitur Foto

by
1 min read
May 16, 2013

Acara Google I/O sudah dimulai, dan berbagai perkembangan atas produk dan layanan Google diumumkan. Mari kita mulai dari berbagai hal baru yang hadir di jejaring sosial Google+.

Ada setidaknya tiga hal pokok yang telah diumumkan oleh Google di acara Google I/O ini, antara lain tampilan baru di Google+, layanan pesan terpisah bernama Hangouts (akan ditulis di artikel terpisah) serta fitur yang berhubungan dengan foto.

Seperti yang dikutip dari blog resmi, untuk yang pertama, Google kini menghadirkan tampilan Google+ versi web yang ditingkat untuk memberikan pengalaman Stream yang lebih baik, tampilan ini mengadopsi dari pengalaman Google+ di perangkat bergerak. Perubahan ini pun dihadirkan agar akses Google+ dari berbagai perangkat bisa memberikan pengalaman yang maksimal.

Google+ untuk web akan memiliki multi-column layout, Anda akan menikmati tampilan satu, dua atau tiga kolom dari konten di Google+ sesuai dengan ukuran dan orientasi layar. Selain itu foto dan video mendapatkan porsi tampilan lebih besar untuk lebih enak dilihat, serta yang terakhir adalah elemen animasi yang melengkapi tampilan Google+ yang baru.

Selain tiga hal baru di atas, Google juga menambahkan fasilitas baru, Hashtag, yang akan ditambahkan oleh Google dalam Stream yang ada di Google+. Hashtag ini akan ditambahkan sesuai dengan konten yang dimaksud. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjelajah lebih dalam atas topik tertentu.

Google akan menambahkan secara otomatis, namun jika Anda sudah memberikan hashtag atas konten yang diunggah ke Google+, maka hashtag itu tetap akan ditampilkan. Untuk tag yang ditambahkan oleh Google, Anda bisa memilih opsi untuk menghilangkannya.

Fasilitas baru lain yang dihadirkan di Google+ adalah yang berkaitan dengan foto. Kini Anda bisa menikmati berbagai fitur untuk meningkatkan pengalaman unggah foto di Google+.

Auto Highlight. Kini Anda bisa menikmati fitur yang memungkinkan Anda untuk mengelompokkan foto tertentu dalam satu koleksi foto, Google akan membantu untuk memilih foto terbaik, menghilangkan foto yang terduplikasi atau memiliki kualitas yang kurang baik. Dengan mengunjungi menu halaman Photo, unggahan foto dalam satu set tema tertentu yang ‘telah dirapihkan’ Google telah siap di bagikan ke relasi Anda.

Auto Backup (Instant Upload). Setiap kali Anda mengambil foto, Google memungkinkan foto ini langsung terunggah ke Google+, tentunya dengan pengaturan tertentu. Ada 15 GB ruang penyimpanan (yang merupakan gabungan dari beberapa layanan cloud Google).

Selain dua fitur di atas, Ada pula Auto Enhance yang memungkinkan Anda menikmati peningkatan kualitas foto langsung secara otomatis di Google+. Peningkatan cahaya, fokus, terang, saturation dan berbagai hal lain bisa dinikmati, akan ada keterangan kotak ‘enhancements’ atas foto yang kualitasnya telah diperbaiki serta fasilitas ‘undo’ jika Anda ingin foto asli yang diunggah.

Yang terakhir adalah Auto Awesome, dimana Google akan membuat animasi dari berbagai foto yang dipotret secara bersamaan.

Berbagai pembaruan di atas akan bisa dinikmati oleh pengguna Google+ dalam beberapa minggu ke depan. Sebagai gambaran berikut penjelasan singkat video atas hal baru di Google+ ini.

Koreksi: Perubahan judul tanpa mengubah maksud artikel. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Card Reader Untuk Membaca e-KTP Akan Segera Diproduksi

Next Story

Layanan Pesan Google Resmi Bernama Hangouts

Latest from Blog

Don't Miss

Google Bagikan Trik untuk Mengatur Pekerjaan di Gmail Lebih Optimal

Bagi kalangan pekerja digital, berkomunikasi melalui email masih menjadi salah

Chromebook Makin Cerdas dengan Sentuhan AI dari Google

Google tengah gencar mengintegrasikan fitur-fitur berbasis Artificial Intelligence (AI) ke