21 June 2022

by Lukman Azis

Laptop Gaming ASUS ROG Terbaru Bertenaga Prosesor AMD Ryzen 6000 Series Resmi Masuk Indonesia

Mencakup ASUS TUF Gaming A15, ROG Strix G15 dan G17, ROG Flow X13, ROG Zephyrus G15, ROG Zephyrus G14, dan ROG Zephyrus Duo 16

ASUS telah mengumumkan jajaran laptop gaming ROG terbaru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 6000 Series, dalam acara peluncuran bertajuk “Infinite Possibilities with ROG x AMD Ryzen 6000 Series”. ASUS ROG menjadi brand laptop pertama yang menghadirkan laptop gaming dengan prosesor tersebut di Indonesia.

Prosesor generasi terbaru pertama yang dibangun di atas teknologi proses 6 nm ini menggunakan arsitektur core Zen 3+, yang menawarkan performa lebih baik dari generasi sebelumnya dan konsumsi dayanya lebih efisien. Mengintegrasikan chip grafis AMD Radeon RDNA 2 dan menghadirkan fitur dengan teknologi modern, seperti dukungan penyimpanan PCIe 4.0 dan port USB 4.0 yang menawarkan kecepatan transfer hingga 40 Gbps.

Hadirnya jajaran laptop gaming ROG terbaru kali ini membuktikan ROG Kembali tampil sebagai brand laptop gaming terdepan yang selalu konsisten menghadirkan teknologi dan inovasi terkini di Indonesia,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. “Jajaran laptop gaming ROG yang ditenagai prosesor terbaru dari AMD kali ini hadir untuk semua mulai dari gamer mainstream, gamer e-sports, game streamer, hingga content creator.”

Seluruh laptop gaming ASUS terbaru yang ditenagai prosesor AMD Ryzen 6000 Series telah dilengkapi dengan fitur konektivitas yang lengkap. Dari port seperti USB Type-A, HDMI 2.1, 3.5mm combo audio jack, hingga port USB 3.2 Type-C yang mendukung fitur DisplayPort 1.2 dan USB Power Delivery. Juga dibekali teknologi WiFi 6E terbaru dengan tambahan frekuensi koneksi 6 GHz.

ASUS ROG juga membekali jajaran laptop terbarunya dengan serangkaian fitur yang dapat menghadirkan performa dan pengalaman gaming lebih baik, seperti penggunaan memori DDR5, MUX Switch yang merupakan chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya, hingga hadirnya teknologi layar ROG Nebula HDR.

ASUS TUF Gaming A15

Sekarang mari bahas secara singkat satu per satu jajaran laptop gaming terbaru ASUS yang ditenagai prosesor AMD Ryzen 6000 Series. Mulai dari laptop gaming entry-level TUF Gaming A15 yang kini ditenagai oleh prosesor dan chip grafis laptop NVIDIA generasi terbaru yang powerful untuk bermain game.

Sistem pendinginan menjadi fokus pada TUF Gaming A15 kali ini. Kini dilengkapi dengan dua kipas Arc Flow yang memiliki lebih banyak bilah kipas (84 bilah), setiap bilah dari kipas tersebut memiliki ketebalan hanya 0,1 mm di bagian ujungnya. Desain tersebut dapat mengurangi turbulensi sehingga aliran udara menjadi lebih lancar tanpa harus membuat kipas berputar lebih kencang, tampil lebih senyap, namun mampu mengalirkan udara hingga 13% lebih baik dari generasi sebelumnya.

Untuk pengalaman gaming yang lebih baik, ASUS memberikan opsi layar Full HD 144 Hz. Laptop gaming ini juga tetap tampil dengan desain yang terinspirasi dari mecha anime, tetap tampil tangguh dan telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 801H).

ASUS ROG Strix G15 dan G17

ROG Strix G15 dan G17 kembali hadir untuk gamer profesional di dunia esports dan para pecinta game kompetitif sebagai laptop gaming andalan dengan performa powerful dan fitur lengkap. ROG Strix G15 dan G17 tampil dengan peningkatan dari sisi performa dan efisiensi berkat kehadiran prosesor AMD Ryzen 6000 Series, chip grafis NVIDIA GeForce RTX generasi terbaru, dilengkapi RAM DDR5 4800 MHz, dan menggunakan penyimpanan PCIe 4.0 SSD.

Kecepatan sangat diperlukan saat bermain game, untuk itulah ROG Strix G15 dan G17 dibekali dengan opsi layar hingga Full HD 360 Hz. Dibekali dengan teknologi dari Dolby Vision HDR, Adaptive Sync, dan response time yang cepat 3 ms. Para gamer juga dapat menikmati fitur konektivitas terbaru WiFi 6E, kapasitas baterai 90 Whr yang lebih besar dari pendahulunya, dan dapat diisi dayanya melalui fitur USB power delivery menggunakan adapter USB Type-C.

ASUS ROG Flow X13

ROG Flow X13 tampil sebagai laptop gaming yang ringkas dan portable, meski begitu ROG Flow X13 tetap merupakan sebuah laptop gaming dengan performa yang jauh lebih powerful dibandingkan dengan laptop convertible lainnya. Performanya pun masih dapat ditingkatkan menggunakan ROG XG Mobile.

ROG XG Mobile adalah solusi GPU eksternal yang menggunakan konektor dan port khusus yang memungkinkan GPU di dalamnya untuk langsung terhubung ke jalur PCIe sehingga dapat menghadirkan performa layaknya discrete GPU laptop pada umumnya. ROG XG Mobile juga menawarkan konektivitas ekstra, mulai dari tersedianya port USB Type-A, HDMI, DisplayPort, hingga SD card reader.

ASUS ROG Zephyrus G15

ROG Zephyrus G15 merupakan laptop gaming yang juga digemari oleh para content creator karena portable, powerful, dan mengusung layar dengan standar tinggi. ROG Zephyrus G15 kini kembali tampil dengan segudang perubahan dari sisi performa dan fitur.

Meski layarnya masih tetap menggunakan rasio 16:9, namun ROG Zephyrus G15 tetap menggunakan panel beresolusi QHD (2K) dengan color gamut 100% DCI-P3 dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Layar tersebut cocok untuk content creation dan juga gaming, berkat refresh rate 165 Hz dan response time 3 ms.

ASUS ROG Zephyrus G14

ROG Zephyrus G14 memiliki performa yang lebih powerful dari generasi sebelumnya dan dibekali dengan fitur eksklusif seperti AMD SmartShift, AMD Smart Access Memory, Radeon Chill, AMD Radeon Anti-Lag, AMD Radeon Boost, serta AMD Radeon Image Sharpening. Beberapa fitur tersebut bahkan dapat diakses dengan sangat mudah melalui aplikasi Armoury Crate.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, ROG Zephyrus G14 kini mengusung layar 14 inci dengan rasio 16:10 sehingga memiliki ruang kerja yang lebih luas. Di balik layar utamanya tetap dilengkapi dengan AniMe Matrix Display dan jumlah LED yang digunakan lebih banyak dari tahun sebelumnya yaitu mencapai 1.449 LED sehingga animasi dan gambar yang ditampilkan menjadi lebih detail dari generasi sebelumnya.

ASUS ROG Zephyrus Duo 16

Dibekali dengan dua layar, ROG Zephyrus Duo 16 kembali tampil sebagai laptop gaming terbaik untuk gamer dan content creator, terutama game streamer. Dari segi layar, ROG Zephyrus Duo 16 menggunakan panel ROG Nebula HDR 16 inci (16:10) yang merupakan standar layar terbaik untuk laptop gaming ASUS.

ROG Zephyrus Duo 16 menjadi laptop pertama di dunia yang hadir dengan layar ROG Nebula HDR, yang dibangun atas kebutuhan dasar gaming yaitu kecepatan, tingkat kecerahan, dan kualitas visual. Punya color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan 1100 nits, dilengkapi fitur Adaptive Sync, response time 3 ms, mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display untuk akurasi warna, TÜV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker, serta mendukung teknologi dari Dolby Vision.

ROG Nebula HDR menggunakan panel mini LED yang memiliki 512 dimming zone. Berkat adaptasi panel Mini LED, ROG Zephyrus Duo 16 dapat menampilkan konten HDR bersertifikasi VESA DisplayHDR 1000 dengan polling rate hingga 5.400 Hz atau sepuluh kali lebih kencang dari layar laptop lainnya berkat Nebula HDR Engine.

Saat ini, ASUS mengadakan periode promosi khusus untuk jajaran laptop gaming yang ditenagai prosesor AMD Ryzen 6000 Series. Selama masa promosi, yaitu mulai dari tanggal 13 hingga 30 Juni 2022, setiap pembelian laptop gaming ASUS yang ditenagai prosesor AMD Ryzen 6000 Series akan mendapatkan merchandise seperti ROG Jacket, ROG T-Shirt, atau gaming pad. Promo ini hanya berlaku untuk pembelian secara online di ASUS Online Store serta ASUS Official Store yang ada di Tokopedia, BliBli, Bhinneka, dan Shopee.