Gaming News

Game Landlord GO bawa Permainan Monopoli ke Dunia Nyata

14 Aug 2020 | Narendra Soejoedi
Teknologi AR yang diterapkan dalam game Landlord GO menawarkan pengalaman bermain yang imersif dari sekadar mobile games.

Pertengahan bulan Juli 2020 yang lalu perusahaan game asal Polandia, Reality Games, meluncurkan game simulasi bisnis Landlord GO. Sekalipun game Landlord GO tercatat dirilis di tengah situasi pandemi yang merebak secara global, ternyata mendapatkan sambutan yang cukup baik dari banyak penggemar mobile games.

Bayangkan Anda bermain game Monopoli, dengan menggunakan bangunan properti sungguhan. Jika sebelumnya pada papan permainan, jumlah properti yang dimiliki hanya terbatas pada 24 kotak, game Lanlord GO membuka kesempatan bagi Anda untuk menjadi investor properti berskala global, setidaknya di dalam sebuah game.

Tidak dapat dipungkiri kebijakan pembatasan fisik dan lockdown di beberapa negara Asia Tenggara telah menyumbangkan pengaruh yang besar pada menggeliatnya pasar mobile gaming di lingkup regional. Selain dari kegiatan esports yang bisa terus berjalan sekalipun kehilangan kemeriahan event-event offline, pasar mobile gaming juga menunjukkan perkembangan yang patut dicermati. Di Malaysia setidaknya game Landlord GO sudah berhasil menarik 40.000 player, sedangkan menurut Sensor Tower, Landlord GO secara global sudah didownload lebih dari 300.000 kali.

Mengawali game Anda akan diberikan sejumlah modal uang dan diperkenalkan bagaimana cara bermain game Landlord GO. Ada dua cara untuk bisa membeli properti secara langsung maupun melalui agen properti virtual. Karena game Lanlord GO menggunakan fitur AR dan Geolocation, hal ini akan mempengaruhi tampilan pilihan properti di dalam game.

Adapun radius 1 km menjadi batasan properti yang muncul dalam mode pembelian langsung. Di sisi lain Anda juga bisa membeli properti yang berada di tmepat yang jauh, di luar negeri misalnya. Sekalipun saat ini Anda bermain di Indonesia, membeli sebuah properti di Australia atau Filipina dimungkinkan dengan fitur yang dinamakan Agent.

Dengan membeli dan menjual properti yang dimiliki, perlahan Anda akan membangun portfolio bisnis dan tentu saja mendapatkan uang untuk membeli properti yang lainnya. Properti yang dimiliki dapat diperjualbelikan kembali antar player dengan sistem lelang yang bersifat real time.

Salah satu fitur yang menarik dan berubah secara berkala adalah Trend. Sistem akan memberikan hint akan tipe properti yang harganya akan berubah selama beberapa waktu. Jika Anda berhasil membeli atau memiliki tipe properti yang sesuai, tentu saja akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar ketika nantinya dijual kembali.

via: Reality Games
via: Reality Games

Secara sekilas melalui game Landlord GO kita dapat belajar bagaimana bisnis properti berjalan dan berubah seiring waktu. Fitur AR dan Geolocation memberikan sentuhan pengalaman yang lebih real dalam bermain game. Dengan strategi yang tepat Anda dapat menemukan cara terbaik untuk menikmati gamenya dan menjadi sukses. Sebuah game yang menraik dan menantang jika Anda berminat mempelajari bisnis properti.