Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Dihadang Cedera, KuroKy Kembali Tidak Berlaga Bersama Team NIGMA

13 August 2020Narendra Soejoedi

Cedera tangan KuroKy yang belum juga pulih kembali menghalangi dirinya untuk berkompetisi bersama Team NIGMA.

Setelah dikabarkan melewatkan gelaran turnamen OGA Dota PIT Season 2 di bulan yang lalu, kini  Kuro “KuroKy” Takhasomi harus kembali melewatkan gelaran turnamen OMEGA League region Eropa dalam waktu dekat. Untungnya sejauh ini kekosongan roster yang dimiliki Team NIGMA masih bisa diisi oleh pelatih mereka yaitu Roman “rmN-” Paley.

Sejauh ini belum ada informasi pasti dan mendalam terkait cedera tangan yang menghalangi sosok kapten dan support dari Team NIGMA. Di luar dugaan ternyata ada juga sosok pelatih tim Dota 2 lainnya yang memiliki potensi dan skill yang mumpuni. Hal ini bisa dilihat dari raihan Team NIGMA pada gelaran turnamen OGA Dota PIT Season 2 kemarin. Masih dari region yang sama, tim Dota 2 OG juga pernah meraih kemenangan dengan masuknya Titouan “Sockshka” Merloz menggantikan Johan “N0tail” Sundstein yang sedang sakit di gelaran turnamen EPICENTER Major 2019.

Absennya Kuro ternyata tidak menurunkan performa dari Team NIGMA. Hal itu terbukti di gelaran turnamaen OGA Dota PIT Season 2 kemarin. Team NIGMA dapat melaju cukup mulus dan baru menghadapi perlawanan yang sengit di upper bracket final dan babak grand final saat menghadapi tim Alliance 2 kali berturut-turut.

Sama halnya seperti pada olahraga tradisional, cedera adalah hal yang bisa terjadi pada atlet esports manapun. Masih dari disiplin game yang sama, atlet esports yang kini berkiprah di tim Business Associates, Clinton “Fear” Loomis juga pernah mengalami cedera pada tangannya dan harus beristirahat dari skena kompetitif Dota2.

Lebih jauh lagi, kini sudah saatnya bahwa kegiatan gaming dan esports perlu diperhatikan dengan lebih serius dari sisi kesehatan fisik maupun mental. Sebuah studi menyatakan bahwa beban fisik dan mental yang dialami seorang atlet esports kurang lebih sama besarnya seperti atlet olahraga tradisional. Selain bertanding, seorang pro player juga memiliki jadwal latihan yang padat.

via: Liquipedia
via: Liquipedia

Selain cedera tangan yang biasanya berhubungan dengan Carpal Tunnel Syndrome, nyeri punggung, kelelahan mata, dan penyakit lainnya adalah ancaman yang nyata bagi atlet esports jika tidak diperhatikan dengan serius.

Dalam waktu dekat gelaran turnamen OMEGA League region Eropa akan dimulai. Dalam gelaran turnamen yang sama Team NIGMA akan menghadapi deretan tim powerhouse lainnya dari region Eropa. Mari kita nantikan kembali performa maksimal dari Team NIGMA dan kesembuhan kuro untuk bisa berlaga kembali.