Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Ada 1,4 Miliar Jam Konten yang Ditonton di Twitch Bulan Juli 2020

25 August 2020Akbar Priono

League of Legends dan Fortnite masih bertahan di tiga teratas, walau mengalami sedikit penurunan total jam konten ditonton.

StreamElements, perusahaan pengembang tools untuk streaming, baru-baru ini menerbitkan laporan keadaan ekosistem streaming bulan Juli 2020. Kembali bekerja sama dengan Arsenal.gg, laporan tersebut mengatakan bahwa ada 1,4 miliar jam konten di tonton di Twitch pada bulan Juli 2020. Angka tersebut merupakan hasil pertumbuhan sebesar 67%, jika dibandingkan dengan data Juli 2019, yaitu 851 juta jam konten ditonton di Twitch.

Lebih lanjut, data ini menunjukkan beberapa rincian seputar konten apa saja yang ditonton, serta channel apa saja yang menjadi favorit para pengguna platform Twitch. Menariknya kategori Just Chatting ternyata masih belum turun dari tahtanya sebagai kategori konten Twitch yang paling banyak ditonton, dengan total 176 juta jam konten ditonton bulan Juli ini.

Mengikuti di bawahnya, League of Legends dan Fortnite masih menjadi dua game paling banyak ditonton di Twitch, dengan masing-masing memiliki total 128 dan 91 juta jam konten ditonton pada bulan Juli 2020 ini. Untuk dua game tersebut, jumlah itu adalah mengalami penurunan jika dibandingkan dengan Juni 2020 lalu. Namun, penurunan yang dialami terbilang masih cukup minim.

“Seiring beberapa kota melepas karantina yang dilakukan, mengakibatkan waktu yang dihabiskan untuk menonton livestream mengalami fluktuasi beberapa bulan ke belakang, karena beberapa orang mulai meninggalkan rumahnya. Namun perkembangan angka industri streaming tetap jutaan jam lebih besar jika dibandingkan dengan Q1 2020 lalu.” ucap Doron Nir, CEO StreamElements, mengutip dari DotEsports.

Selain itu, data ini juga menyertakan total jam konten ditonton dari platform Facebook Gaming. Data ini menunjukkan Facebook Gaming memiliki total 345 juta jam konten ditonton pada Juli 2020 ini. Angka ini merupakan peningkatan sebesar 215% jika dibandingkan dengan Juli 2019 bagi Facebook Gaming, yang cuma memiliki total 109 juta jam konten ditonton.

Sumber: StreamElements
Sumber: StreamElements

Kembali ke pembahasan penonton Twitch, sorotan menarik lain datang dari streamer asal Brazil, NOBRU. Merupakan streamer yang banyak bermain FPS, dikatakan bahwa NOBRU mengalami peningkatan yang signifikan setelah ia fokus kepada konten Free Fire. NOBRU sebelumnya hanya berada di peringkat 21 saja, namun bulan Juli ini ia berhasil menduduki peringkat ke-10.

Twitch memang bisa dibilang sebagai salah satu platform streaming konten game terpopuler di dunia sejauh ini. Walau demikian, platform stream yang bermarkas di San Francisco Amerika Serikat ini terbilang hampir tak berkutik di Indonesia, menurut laporan Esports Market Trend tahun 2019 yang digagas oleh DSResearch. Terlepas dari itu, melihat dari angka total jam konten ditonton, Twitch sepertinya masih belum akan berhenti mendominasi pasar platform streamgame secara global sampai beberapa waktu ke depan.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV