Esports Ecosystem

Konten Gaming Semakin Diminati, YouTube Gaet LazarBeam, Muselk, dan Valkyrae

14 Jan 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Tahun lalu, ada 35 juta orang yang mengunggah konten gaming ke YouTube

Sepanjang 2019, sebanyak 35 juta orang mengunggah video game YouTube, menjadikan tahun lalu sebagai “tahun terbaik”, ungkap platform video di bawah Google tersebut. Di tengah persaingan platform live streaming konten video game, YouTube membanggakan fakta bahwa kebanyakan kreator konten game biasanya juga mengunggah video mereka ke YouTube setelah melakukan streaming.

“Setiap kreator konten gaming, tidak peduli di platform apa mereka menyiarkan siaran langsung, adalah kreator konten gaming di YouTube, dan kami bangga bisa menyajikan konten-konten terbaik di dunia,” kata Ryan Wyatt, Head of Gaming, YouTube, menurut laporan 9to5Google. Dia optimistis, tahun 2020 akan menjadi lebih baik dari 2019, terutama karena mereka telah mendapatkan kontrak eksklusif dengan tiga kreator konten game ternama, yaitu Lannan “LazarBeam” Eacott, Elliott “Muselk” Watkins, dan Rachell “Valkyrae” Hofstetter. Secara total, ketiganya memiliki 21 juta subscribers di YouTube.

LazarBeam mulai membuat konten pada 2015. Sifatnya yang rendah hati dan humoris membuatnya digemari dengan banyak orang. Pada 2018, dia mulai membuat konten Fortnite. Dengan cepat, channel miliknya tumbuh pesat. Sejak saat itu, dia menjadi salah satu kreator terbesar dengan jumlah subscriber mencapai 12,3 juta orang. Belum lama ini, dia mulai melakukan streaming di YouTube dengan tujuan untuk menunjukkan sisi lain dari dirinya.

Sementara itu, Muselk mengaku bahwa dia telah suka bermain game sejak dia masih kecil. Pada awalnya, dia hanya membuat video YouTube di sela-sela kegiatannya sebagai mahasiswa hukum. Namun, seiring dengan pertumbuhan channel YouTube miliknya, dia memutuskan untuk fokus membuat konten digital. Sekarang, dia telah memiliki 8 juta subscriber. Dia juga merupakan salah satu pemilik Click Management, badan manajemen talenta untuk kreator konten gaming. Bersama WME, Click Management menjadi perantara untuk kontrak eksklusif yang didapat LazarBeam dan Muselk.

Rachell "Valkyrae" Hofstetter. | Sumber: Business Insider
Rachell “Valkyrae” Hofstetter. | Sumber: Business Insider

Kreator ketiga yang setuju untuk menjalin kerja sama eksklusif dengan YouTube adalah Valkyrae. Dia adalah kreator Fortnite perempuan yang sebelumnya juga membuat konten dari game-game lain seperti The Witcher 3, Hearthstone, dan Dark Souls. Dia merupakan anggota perempuan pertama dari organisasi esports 100 Thieves. Selain konten Fortnite, Valkyrae juga dikenal karena dia sering melakukan kolaborasi dengan kreator lain, membuat vlog, dan mengadakan siaran langsung untuk didonasikan ke badan amal seperti Gamers Outreach Foundation.

Ini bukan kali pertama YouTube Gaming menawarkan kontrak eksklusif pada streamer Twitch. Sebelum ini, anak perusahaan Google itu juga telah menjalin kerja sama dengan Jack “CouRage” Dunlop. Sementara layanan streaming dari Microsoft, Mixer, berhasil mendapatkan perjanjian eksklusif dengan Tyler “Ninja” Blevins dan Michael “Shroud” Grzesiek. Menurut Doron Nir, CEO platform streaming StreamElements, yang selalu merilis laporan keadaan pasar platform streaming setiap kuartal, ini menunjukkan bahwa konten merupakan prioritas utama bagi para penyedia layanan streaming.

“Memiliki banyak streamer yang populer, ini adalah cara paling efektif untuk menarik penonton, kreator, dan merek,” ungkap Nir pada The Washington Post. “Ke depan, hal yang harus diperhatikan perusahaan adalah komitmen jangka panjang pada top talent dan kerja sama dengan developer aplikasi untuk memastikan bahwa para influencer mereka dapat mendapatkan tool terbaik untuk membuat konten terbaik sehingga mereka bisa melakukan monetisasi dengan tanpa masalah.”