30 April 2022

by Galih

Publisher Adventure Capitalist, Kongregate Kini Umumkan Dunia Metaverse-nya, Bitverse

Para gamer nantinya dapat tinggal di dunia metaverse bergaya 8-bit.

Game clicker/idle clicker memang sebuah fenomena video game yang unik. Adventure Capitalist merupakan salah satu game idle clicker paling terkenal dan sempat menjadi hits saat dirilis pada 2014-2015 di berbagai platform.

Publisher di balik Adventure Capitalist, Kongregate Inc. memang telah menerbitkan berbagai game populer lain seperti Animation Throwdown, Crusaders of the Lost Idols, dan Anti-Idle: The Game. Namun kini publisher asal Amerika Serikat tersebut tengah memasuki dunia blockchain.

Kongregate Inc. baru saja mengumumkan dunia metaverse-nya sendiri yang diberi nama Bitverse. Seperti namanya dunia digital ini akan memiliki style 8-bit layaknya game retro. Selain itu dunia ini akan menghadirkan beragam koleksi game berbasis Web3.

Bitverse dibangun melalui nostalgia para gamer veteran yang merindukan game-game klasik zaman dulu. Dunia ini nantinya akan memiliki tiga penghuni awal, yaitu MMORPG Bit Heroes, battle royale shooter Bit Heroes arena, dan yang terakhir adalah judul rahasia yang belum diumumkan.

Setiap game yang disediakan dalam Bitverse disebut akan memiliki mekanisme dan gameplay yang unik. Selain itu, game-game tersebut juga akan memanfaatkan kombinasi dari token fungible dan non-fungible.

Selain itu, setiap avatar unik yang dibuat oleh para pemain juga secara otomatis akan menjadi NFT yang dapat dimainkan di seluruh judul yang tersedia. Koleksi pertama untuk NFTavatar ini disebut akan memasuki masa pre-order pada kuartal 2 tahun ini.

"Bayangkan sebuah dunia yang membuat para pemainnya tidak akan kehilangan karakter unik atau identitas digital mereka ketika mereka beralih dari satu game ke game lainnya." ujar CTO Kongregate, Max Murphy.

Image Credit: Kongregate

Murphy pun menjelaskan bahwa Bitverse akan membuat para pemain memiliki dunia game yang lebih besar untuk dijelajahi yang akan meningkatkan progres, waktu, dan juga pengalaman yang mereka dapatkan saat memainkan game favoritnya.

Pihak Kongregate juga secara terbuka menceritakan bahwa dunia Bitverse ini awalnya terinspirasi oleh salah satu game mereka yang juga akan hadir di dalamnya, yaitu Bit Heroes. Game yang telah dirilis pada 2016 tersebut sudah memiliki style retro yang diharapkan akan menjadi pondasi kuat bagi pengembangan Bitverse.

Ke depannya, target jangka-panjang dari Bitverse ini adalah membuat sebuah metaverse untuk gamecross-platformyang akan disatukan dengan blockchain. Nantinya, NFT 'bit hero' akan menjadi identitas unik yang akan digunakan pemain di setiap game.